Rumus Mencari Lebar Persegi Panjang

1 January 2024

Rumus Mencari Lebar Persegi Panjang

Rumus Mencari Lebar Persegi Panjang – sebuah bangun datar dua dimensi yang terdiri dari empat sisi, di mana dua sisi yang berhadapan memiliki panjang yang sama, dan keempat sudutnya membentuk sudut siku-siku (90 derajat). Secara matematis, persegi panjang memiliki dua sisi yang sama panjang dan dua sisi yang sama lebar. Dalam geometri, persegi panjang dianggap sebagai bentuk khusus dari jajaran genjang, di mana kedua pasang sisi yang bersebrangan saling sejajar dan sama panjang.

Contoh objek dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki bentuk persegi panjang adalah buku, pintu, jendela, meja, dan sebagainya. Luas persegi panjang dapat dihitung dengan cara mengalikan panjang dengan lebar, sedangkan kelilingnya dapat dihitung dengan cara menambahkan dua kali panjang dengan dua kali lebar.

 

Rumus Lebar Persegi Panjang

Rumus untuk mencari lebar (atau lebar sisi) dari persegi panjang adalah:

Lebar = Luas / Panjang

Atau dapat ditulis ulang sebagai:

Lebar = Luas ÷ Panjang

Dimana:

  • Lebar adalah ukuran sisi persegi panjang yang sejajar dengan sisi pendeknya, diukur dalam satuan panjang yang sama dengan panjang dan luasnya.
  • Luas adalah hasil kali antara panjang dan lebar persegi panjang, diukur dalam satuan luas seperti meter persegi (m²) atau centimeter persegi (cm²).
  • Panjang adalah ukuran sisi persegi panjang yang sejajar dengan sisi panjangnya, diukur dalam satuan panjang yang sama dengan lebar dan luasnya.

 

Kegunaan Rumus Lebar Persegi Panjang

Rumus lebar persegi panjang digunakan untuk menghitung ukuran sisi persegi panjang yang sejajar dengan sisi pendeknya. Rumus ini berguna dalam beberapa situasi, di antaranya:

  1. Menghitung ukuran lebar untuk mendapatkan luas yang diinginkan, Dalam beberapa kasus, kita mungkin ingin menghitung lebar dari persegi panjang agar luasnya mencapai nilai tertentu. Dalam hal ini, kita dapat menggunakan rumus lebar = luas / panjang untuk menghitung ukuran lebar yang dibutuhkan.
  2. Menghitung ukuran sisi lainnya, Dalam beberapa kasus, kita mungkin hanya mengetahui luas dan salah satu sisi persegi panjang, tetapi perlu mengetahui sisi yang lain. Dalam hal ini, kita dapat menggunakan rumus lebar = luas / panjang untuk menghitung ukuran sisi yang belum diketahui.
  3. Menghitung rasio sisi, Dalam beberapa kasus, kita mungkin ingin mengetahui rasio antara sisi pendek dan panjang dari persegi panjang. Dalam hal ini, kita dapat menggunakan rumus lebar = luas / panjang untuk menghitung lebar, kemudian membaginya dengan panjang untuk mendapatkan rasio.

Rumus lebar persegi panjang dapat diterapkan dalam berbagai bidang seperti matematika, fisika, dan teknik. Demikian cara mencari lebar persegi panjang, semoga bermanfaat.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.