Perbedaan Cumi Dan Sotong Cara Memasak

1 January 2024

Perbedaan Cumi Dan Sotong

Perbedaan Cumi Dan Sotong – Cumi dan sotong adalah hewan laut yang tergolong dalam kelas Cephalopoda, tetapi ada beberapa perbedaan antara kedua hewan ini:

  1. Bentuk Tubuh, Cumi dan sotong memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Cumi memiliki tubuh yang pendek dan lebar dengan sepasang sirip di bagian belakang, sedangkan sotong memiliki tubuh yang lebih panjang dan ramping dengan sepasang sirip dan sepasang lengan panjang yang dikenal sebagai tentakel.
  2. Struktur Cangkang, Cumi tidak memiliki cangkang internal atau external, sedangkan sotong memiliki cangkang internal yang disebut “pen”.
  3. Ukuran, Cumi biasanya lebih kecil dari sotong. Cumi memiliki ukuran rata-rata sekitar 15 cm hingga 30 cm, sedangkan sotong dapat tumbuh hingga ukuran yang lebih besar, bahkan hingga sekitar 10 meter.
  4. Tekstur, Cumi memiliki daging yang halus dan lembut, sedangkan daging sotong sedikit lebih kenyal.
  5. Habitat, Cumi biasanya hidup di kedalaman yang lebih dangkal di perairan hangat, sedangkan sotong biasanya hidup di perairan yang lebih dalam dan dingin.
  6. Cara Memasak, Cumi dan sotong memiliki cara memasak yang berbeda. Cumi lebih sering digoreng cepat, digrill, atau digoreng dengan tepung, sedangkan sotong lebih cocok dimasak dengan cara direbus atau digoreng dalam waktu yang lebih lama.

Meskipun ada beberapa perbedaan antara cumi dan sotong, namun keduanya masih bisa digunakan secara bergantian dalam beberapa resep masakan, tergantung pada kebutuhan dan selera Anda.

 

Fakta Cumi Dan Sotong

beberapa fakta menarik tentang cumi dan sotong:

  1. Cumi dan sotong adalah hewan laut yang tergolong dalam kelas Cephalopoda. Kelas ini juga mencakup hewan laut seperti gurita, nautilus, dan kepiting laut.
  2. Cumi dan sotong adalah hewan karnivora dan mereka biasanya memangsa ikan, udang, dan hewan kecil lainnya di laut.
  3. Hewan-hewan ini sangat cerdas dan mampu belajar dan mengingat. Beberapa spesies bahkan mampu memecahkan masalah sederhana dan menghindari bahaya dengan cara merubah warna tubuhnya untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya.
  4. Cumi dan sotong memiliki kemampuan unik untuk mengubah warna tubuhnya dengan cepat, terutama saat menghindari bahaya atau mengejar mangsa. Mereka dapat mengontrol warna dan pola pada kulit mereka melalui sel pigmentasi yang disebut kromatofor.
  5. Cumi dan sotong memiliki sistem sirkulasi yang sangat canggih. Darah mereka mengandung protein hemocyanin yang mengandung tembaga, yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
  6. Cumi dan sotong adalah sumber protein rendah lemak dan rendah kalori yang baik. Kedua makanan laut ini kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B12, selenium, dan fosfor.
  7. Cumi dan sotong adalah makanan yang populer di seluruh dunia dan diolah dengan berbagai cara seperti digoreng, dipanggang, direbus, atau dibakar. Kedua hewan laut ini juga menjadi bahan dasar makanan populer seperti calamari, sotong pangkalan, dan sashimi ika.
  8. Beberapa spesies cumi dan sotong memiliki keunikan masing-masing, seperti sotong raksasa yang dapat mencapai panjang hingga 10 meter dan memiliki bola mata yang lebih besar dari bola basket, sedangkan cumi vampir memiliki kemampuan untuk membius mangsa dengan menyemburkan tinta hitam dan melarikan diri.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.