Harga Vanili 1 Kg

1 February 2023

Harga Vanili 1 Kg

Harga Vanili 1 Kg – Tanaman vanili adalah tanaman yang tumbuh dari biji dan dapat mencapai ketinggian hingga 15 meter. Tanaman ini asli dari Meksiko dan Amerika Tengah, dan merupakan salah satu tanaman paling populer di dunia untuk tujuan ekstraksi minyak esensial.

Tanaman vanili memiliki bunga yang harum dan menghasilkan biji-bijian kecil yang digunakan sebagai bahan baku untuk membuat aroma vanili. Tanaman vanili juga dapat ditanam di berbagai daerah tropis di dunia, meskipun pertumbuhannya terbaik terjadi di daerah dengan iklim lembab dan panas.

Pohon vanili merupakan tumbuhan yang menghasilkan biji vanili yang digunakan sebagai pemanis dan aroma dalam masakan. Biji vanili biasanya digunakan dalam pembuatan es krim, kue, dan minuman.

Tumbuhan vanili ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, dan tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim tropis. Pohon vanili memiliki tangkai yang panjang dan berkayu serta daun yang lebat. Buah vanili terdiri dari kapsul yang mengandung biji vanili yang dapat digunakan sebagai rempah.

 

Daftar Harga Vanili 1 Kg Hari ini

Berikut ini update harga vanili 1 kg di pasar tradisional adalah : 4.100.000 Rupiah Dengan Grade A

 

Manfaat Vanili

Vanili memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, antara lain:

Menyegarkan napas

Vanili dapat membantu menyegarkan napas karena memiliki aroma yang segar dan menyenangkan.

Menjadi antioksidan

Vanili mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meringankan sakit kepala

Aroma vanili dapat membantu meringankan sakit kepala karena memiliki efek relaksasi yang dapat mengurangi kecemasan dan stres.

Menurunkan tekanan darah

Vanili juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena memiliki sifat vasodilatasi, yaitu memperlebar pembuluh darah.

Memperbaiki tidur

Aroma vanili juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena memiliki sifat relaksasi yang dapat menenangkan pikiran.

 

Efek Samping Vanili

Efek samping vanili secara langsung tidak terlalu signifikan, namun jika seseorang memiliki kepekaan terhadap vanili, maka dapat menyebabkan reaksi alergi seperti ruam kulit, gatal-gatal, bersin-bersin, atau sesak napas. Selain itu, jika seseorang mengonsumsi vanili dalam jumlah yang berlebihan, dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti mulas atau diare. Namun, kemungkinan efek samping vanili seperti itu sangat jarang terjadi.

 

Vanili Bubuk

Vanilla powder adalah bubuk vanilla yang dibuat dengan menggiling biji vanili yang telah dikeringkan. Biasanya, biji vanili yang digunakan adalah biji vanili Bourbon, yang merupakan varietas vanili yang paling banyak digunakan di dunia

Biji vanili Bourbon memiliki rasa yang khas dan aromatik yang sangat populer untuk penggunaan dalam masakan dan pembuatan minuman. Bubuk vanilla juga sering digunakan sebagai bahan penyedap alami untuk berbagai jenis makanan dan minuman, seperti kue, es krim, puding, dan banyak lagi.

 

Merk Vanili Bubuk Sachet

 

Merk Vanili Sachet Harga
Vanili Perisa Kapak Mas ecer per sachet Rp250
Vanili bubuk W sachet kecil Rp300
Vanili Cap Pepaya sachet Rp400
Vanili bubuk Pabrik Harum 1 gram sachet Rp450
Vanili bubuk Koepoe sachet 2 gr Rp550
Vanili Cap Kapak Mas sachet bubuk Rp550
Vanili Powder R sachet 2 gr Rp550
Vanili R&W sachet Rp550
Vanili Cap Mobil per 4 sachet Rp1.500
Vanillin Sugar Pakmaya sachet 5 gr Rp1.100
Vanili bubuk Cap Raja Burung sachet 1 gr Rp1.900
Vanilli bubuk Achilles sachet 5 x 2 gr Rp2.500
Vanillin Garuda-D.N. 10 sachet Rp4.700
Vanili bubuk D isi 100 sachet Rp8.800
Vanili bubuk W isi 100 sachet Rp12.500
Vanili bubuk Cap Tawon isi 10 sachet Rp12.800
Vanili Pelitaisi 100 sachet Rp19.500
Vanili Powder R sachet 1 box isi 100 bungkus Rp21.000
Vanili Cendrawasih sachet 3 gram box Rp25.500
Vanili Koepoe sachet 1 box (100 x 2 gr) Rp31.000
Vanili Hanoman Perisa 1 box isi 100 sachet Rp32.500
Vanilla Pure Powder 50 gr sachet Rp75.500

 

Cara Budidaya Vanili

Berikut adalah beberapa langkah dasar dalam budidaya vanili:

  1. Pilih lokasi yang sesuai untuk menanam vanili. Vanili merupakan tumbuhan tropis yang suka dengan iklim hangat dan lembab.
  2. Persiapkan tanah dengan menambahkan pupuk dan kompos sebelum menanam vanili. Tanah yang subur dan lembap akan membantu pertumbuhan vanili yang sehat.
  3. Tanam benih vanili atau bibit vanili yang telah dibeli dari toko kelontong atau toko tanaman. Pastikan untuk memberi jarak yang cukup antar tanaman agar mendapat cukup cahaya matahari.
  4. Rawat tanaman dengan memberi air secara teratur dan menyiangi tanaman dengan menggunakan herbisida.
  5. Setelah tumbuh, vanili membutuhkan dukungan tambahan untuk menumbuhkan tangkai yang panjang dan kuat. Gunakan tiang atau trellis untuk mendukung tangkai vanili sehingga tumbuh dengan baik.
  6. Tunggu hingga bunga vanili muncul dan mulai mekar. Setelah bunga mekar, terdapat kemungkinan bahwa bunga tersebut akan diinduksi oleh lebah atau serangga lainnya untuk menghasilkan biji-bijian vanili.
  7. Setelah biji-bijian vanili muncul dan matang, ambil biji-bijian tersebut dengan hati-hati dan siapkan untuk diproses lebih lanjut.

Itulah beberapa langkah dasar dalam budidaya vanili. Selamat mencoba!

 

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.