Harga Tomat 1 Kg Hari ini

5 January 2023

Harga Tomat 1 Kg Hari ini

Harga Tomat 1 Kg Hari ini – Buah yang biasanya berwarna merah atau oranye, dengan bentuk yang bulat atau oval dan permukaan yang licin. Tomat merupakan salah satu bahan dasar penting dalam banyak masakan di seluruh dunia dan juga kaya akan vitamin C dan antioksidan. Tomat juga sering digunakan sebagai tambahan dalam salad dan sebagai bahan utama dalam sosis, kecap, dan saus pasta.

Jenis Jenis Tomat

Ada banyak jenis tomat yang tersedia, di antaranya adalah:

Tomat cherry

Tomat ini kecil dan memiliki rasa manis. Biasanya digunakan sebagai garnish atau ditambahkan ke salad.

Tomat koktail

Tomat ini lebih kecil daripada tomat cherry, dan biasanya digunakan sebagai garnish atau ditambahkan ke salad.

Tomat Roma

Tomat ini memiliki bentuk yang panjang dan ramping, dan biasanya digunakan dalam masakan yang membutuhkan bahan yang dipotong-potong kecil, seperti saus spaghetti.

Tomat jeruk

Tomat ini memiliki rasa yang lebih asam daripada jenis tomat lainnya, dan biasanya digunakan dalam masakan yang membutuhkan rasa asam.

Tomat klasik

Tomat ini memiliki bentuk bulat dan warna merah terang, dan biasanya digunakan sebagai bahan dasar dalam masakan seperti salad atau sandwich.

Tomat heirloom

Tomat ini terkenal karena warna dan bentuknya yang unik, dan biasanya digunakan sebagai garnish atau ditambahkan ke salad.

Tomat hibrida

Tomat ini dihasilkan melalui proses persilangan antara dua jenis tomat yang berbeda, dan biasanya memiliki rasa yang lebih baik dan daya tahan yang lebih baik daripada jenis tomat lainnya.

 

Harga Tomat 1 Kg Hari ini

Untuk update harga tomat 1 kg hari ini di Pasar Induk Kramat Jati adalah 11.500 per Kg

 

Manfaat Tomat

Tomat mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Kaya akan antioksidan, Tomat mengandung banyak antioksidan seperti likopen, yang dapat membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif.
  2. Mencegah penyakit jantung, Tomat mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.
  3. Mencegah kanker, Tomat mengandung likopen yang dapat membantu mencegah kanker prostat dan kanker payudara.
  4. Mencegah diabetes, Tomat mengandung karbohidrat yang rendah dan tinggi serat, yang dapat membantu mengontrol gula darah dan mencegah diabetes tipe 2.
  5. Kaya akan vitamin, Tomat mengandung banyak vitamin C, potassium, dan vitamin K. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara potassium dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah stroke. Vitamin K dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang.

 

Tomat Mengandung Vitamin Apa saja ?

Tomat mengandung beberapa vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya:

  • Vitamin C. Tomat mengandung vitamin C yang tinggi, yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi.
  • Vitamin A. Tomat mengandung jumlah yang cukup tinggi dari vitamin A yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah kerusakan sel-sel yang disebabkan oleh radikal bebas.
  • Vitamin K. Tomat mengandung jumlah yang cukup tinggi dari vitamin K, yang merupakan vitamin penting yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu dalam proses pembekuan darah. Vitamin K juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang.
  • Vitamin B6. Tomat mengandung jumlah yang cukup tinggi dari vitamin B6, yang merupakan vitamin yang penting untuk metabolisme protein dan karbohidrat dalam tubuh. Vitamin B6 juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem nervus dan membantu dalam produksi sel darah merah.
  • Vitamin E. Tomat mengandung jumlah yang cukup tinggi dari vitamin E, yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin E juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.