Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu

9 January 2023

Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu – Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Nama gunung ini berasal dari kisah legenda yang menceritakan tentang sebuah kapal yang terbalik di puncak gunung tersebut. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Barat.

Gunung Tangkuban Perahu memiliki beberapa crater yang dapat dikunjungi, di antaranya adalah Crater Kawah Ratu, Crater Domas, dan Crater Upas. Wisatawan dapat melakukan trekking ke puncak gunung atau mengunjungi beberapa situs geotermik di sekitar gunung ini, seperti hot spring atau mata air panas.

Gunung Tangkuban Perahu memiliki beberapa keunikan yang menjadikannya menarik untuk dikunjungi, di antaranya adalah:

1. Wisata alam

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi yang terkenal di Indonesia dan merupakan destinasi wisata yang populer bagi para pecinta alam. Wisatawan dapat melakukan trekking ke puncak gunung atau menikmati pemandangan indah dari beberapa titik di sekitar gunung ini.

2. Geotermik

Gunung Tangkuban Perahu memiliki beberapa situs geotermik yang menarik, seperti hot spring atau mata air panas. Wisatawan dapat menikmati air hangat yang dihasilkan oleh proses geotermik di sekitar gunung ini.

3. Crater

Gunung Tangkuban Perahu memiliki beberapa crater yang dapat dikunjungi, di antaranya adalah Crater Kawah Ratu, Crater Domas, dan Crater Upas. Crater ini merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi karena terlihat seperti lubang-lubang kecil di permukaan gunung yang dihasilkan oleh erupsi vulkanik.

4. Legenda

Gunung Tangkuban Perahu memiliki legenda yang menarik yang bercerita tentang sebuah kapal yang terbalik di puncak gunung tersebut. Legenda ini membuat gunung ini menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi para pecinta sejarah dan mitos.

5. Wisata kuliner

Selain menikmati keindahan alam dan geotermik di sekitar gunung Tangkuban Perahu, wisatawan juga dapat menikmati beragam kuliner khas Jawa Barat yang terdapat di sekitar gunung ini.

 

Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Berikut update Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu Pada hari Biasa dan Libur Nasional.

 

Tiket Masuk Pada hari Senin – Kamis :

  • Tiket masuk wisatawan nusantara: Rp 20.000 per orang
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara: Rp 200.000 per orang
  • Tiket masuk rombongan pelajar: Rp 18.000 per orang
  • Tiket masuk mobil: Rp 25.000 per unit
  • Tiket masuk bus (roda enam): Rp 110.000 per unit
  • Tiket masuk motor: Rp 12.000 per unit

Tiket Masuk Pada Akhir Pekan dan Libur Nasional :

  • Tiket masuk wisatawan nusantara: Rp 30.000 per orang
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara: Rp 300.000 per orang
  • Tiket masuk rombongan pelajar: Rp 20.000 per orang
  • Tiket masuk mobil: Rp 30.000 per unit
  • Tiket masuk bus (roda enam): Rp 125.000 per unit
  • Tiket masuk motor: Rp 14.500 per unit

 

Cerita Tangkuban Perahu

Legenda tentang Gunung Tangkuban Perahu menceritakan tentang sebuah kapal yang terbalik di puncak gunung tersebut. Menurut legenda, kapal tersebut adalah milik seorang raja bernama Prabu Sangkuriang. Prabu Sangkuriang adalah seorang raja yang sangat sakti dan pintar, namun ia memiliki kekurangan yaitu tidak dapat mengeluarkan anak.

Suatu hari, Prabu Sangkuriang bertemu dengan seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi. Dayang Sumbi adalah seorang wanita yang sangat cantik dan jenaka, sehingga Prabu Sangkuriang sangat tertarik padanya. Namun, Dayang Sumbi tidak tertarik pada Prabu Sangkuriang dan menolak tawaran Prabu Sangkuriang untuk menjadi istrinya.

Prabu Sangkuriang tidak tahu bagaimana cara memikat hati Dayang Sumbi, sehingga ia meminta bantuan dari sang ibu, Nyai Loro Kidul. Nyai Loro Kidul adalah seorang ratu yang terkenal akan kekuatannya dalam mengontrol alam. Nyai Loro Kidul memberikan sebuah misi kepada Prabu Sangkuriang, yaitu membuat sebuah danau yang besar di daerah Citarum dan mengubah Gunung Tangkuban Perahu menjadi sebuah kapal yang akan membawa Prabu Sangkuriang dan Dayang Sumbi ke sebuah pulau yang indah.

Prabu Sangkuriang mengerjakan misi tersebut dengan sangat cepat dan tepat waktu, dan setelah selesai ia meminta Dayang Sumbi untuk menjadi istrinya. Dayang Sumbi akhirnya mau menerima tawaran Prabu Sangkuriang setelah melihat keberhasilan Prabu Sangkuriang dalam mengerjakan misi yang diberikan oleh Nyai Loro Kidul.

Namun, Nyai Loro Kidul tidak senang dengan keputusan Dayang Sumbi untuk menerima tawaran Prabu Sangkuriang, sehingga ia memutuskan untuk menipu Prabu Sangkuriang. Nyai Loro Kidul memberikan sebuah jam kepada Prabu Sangkuriang yang ternyata berjalan dengan sangat cepat, sehingga Prabu Sangkuriang tidak bisa menyelesaikan misi yang telah diberikan. Karena tidak bisa menyelesaikan misi tersebut, Prabu Sangkuriang pun marah dan memutuskan untuk meninggalkan Dayang Sumbi.

 

Apakah gunung tangkuban perahu masih aktif?

Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah gunung berapi yang masih aktif di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini terakhir kali meletus pada tahun 1983, dan sejak saat itu telah menunjukkan beberapa tanda-tanda aktivitas vulkanik yang terus-menerus, seperti letusan-letusan kecil dan emisi gas vulkanik.

Meskipun gunung ini masih aktif, letusan-letusan yang terjadi biasanya hanya berupa letusan-letusan kecil yang tidak berbahaya bagi wisatawan yang berkunjung ke gunung ini. Namun, wisatawan yang akan melakukan trekking ke puncak gunung atau mengunjungi beberapa situs geotermik di sekitar gunung ini disarankan untuk memperhatikan pengumuman dari pihak yang berwenang terkait kondisi gunung yang sedang aman atau tidak untuk dikunjungi.

 

Pesan moral dari cerita Tangkuban Perahu?

Legenda tentang Gunung Tangkuban Perahu memiliki beberapa pesan moral yang dapat diambil, di antaranya adalah:

  1. Jangan mudah tergiur oleh kecantikan seseorang. Dayang Sumbi menolak tawaran Prabu Sangkuriang untuk menjadi istrinya karena ia tidak merasa cinta pada Prabu Sangkuriang, bukan hanya karena kecantikan Prabu Sangkuriang.
  2. Jangan terlalu tergantung pada orang lain. Prabu Sangkuriang harus mengerjakan misi yang diberikan oleh Nyai Loro Kidul agar bisa memikat hati Dayang Sumbi, namun ternyata Nyai Loro Kidul tidak berniat baik terhadap Prabu Sangkuriang dan menipunya.
  3. Jangan mudah marah dan menyerah. Prabu Sangkuriang marah dan meninggalkan Dayang Sumbi setelah ia tidak bisa menyelesaikan misi yang diberikan oleh Nyai Loro Kidul. Namun, ia sebenarnya masih memiliki banyak pilihan lain yang bisa ia ambil untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  4. Jangan terlalu terpaku pada masa lalu. Prabu Sangkuriang harus bisa move on dari masa lalu dan memikirkan masa depan yang lebih baik setelah ia tidak bisa menjadi suami Dayang Sumbi.

 

Alamat Wisata Tangkuban Perahu

Berikut ini alamat Wisata Tangkuban Perahu menurut google Maps link direct : Lokasi

Cikahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

 

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.