Harga Rumput Laut di indomaret

1 January 2024

harga rumput laut di indomaret

Harga Rumput Laut di indomaret – ganggang laut yang dapat dimakan dan tumbuh di dalam air laut. Rumput laut biasanya tumbuh di perairan dangkal di daerah tropis atau subtropis. Rumput laut merupakan sumber makanan penting bagi manusia, terutama di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea, Tiongkok, dan Indonesia.

Rumput laut memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang ringan. Rumput laut mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh manusia, seperti protein, serat, vitamin, dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan zat besi. Selain itu, rumput laut juga mengandung senyawa aktif yang memiliki manfaat kesehatan seperti antioksidan dan antiinflamasi.

Rumput laut sering digunakan sebagai bahan baku dalam masakan seperti sushi, sup, salad, dan mie. Beberapa jenis rumput laut yang sering digunakan dalam masakan adalah nori, wakame, kombu, hijiki, dan agar-agar. Rumput laut juga dapat diolah menjadi bahan kosmetik atau obat-obatan karena kandungan senyawa aktifnya yang bermanfaat bagi kesehatan.

 

Harga Nori di indomaret

Untuk update harga nori di indomaret adalah 14.600 silahkan cek disini

 

Komposisi Nori

Berikut adalah komposisi gizi yang terdapat pada 100 gram nori:

  • Kalori: 35 kalori
  • Protein: 5,8 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Karbohidrat: 3,8 gram
  • Serat: 1,3 gram
  • Vitamin A: 20.000 IU
  • Vitamin C: 5 mg
  • Kalsium: 150 mg
  • Zat Besi: 8,5 mg
  • Sodium: 700-1.000 mg

Nori juga mengandung senyawa aktif seperti asam alginat, asam glutamat, dan senyawa fenolik yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan konsumsi nori antara lain membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi nori dengan proporsi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi tubuh.

 

Apa bedanya nori dan rumput laut?

Nori dan rumput laut sebenarnya merujuk pada jenis yang sama, yaitu sejenis ganggang laut yang biasa digunakan dalam masakan. Akan tetapi, istilah “nori” biasanya digunakan untuk menyebut lembaran tipis dari ganggang laut yang sudah diolah, sedangkan “rumput laut” lebih mengacu pada bahan mentah atau segar yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat nori.

Rumput laut biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan tebal dibandingkan nori. Rumput laut juga biasanya memiliki tekstur yang lebih keras dan tidak sesuai untuk digunakan langsung sebagai bahan untuk makanan seperti sushi atau onigiri. Sebaliknya, rumput laut biasanya diolah terlebih dahulu dengan cara direbus atau dikeringkan sebelum kemudian diolah menjadi nori.

Oleh karena itu, meskipun sebenarnya merujuk pada jenis yang sama, nori dan rumput laut memiliki perbedaan dalam bentuk dan penggunaannya dalam masakan. Nori digunakan sebagai bahan untuk membungkus sushi dan onigiri atau sebagai garnish untuk hidangan lainnya, sedangkan rumput laut digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat nori atau diolah menjadi masakan lainnya seperti mi atau sup. Demikian informasi rumput laut indomaret, semoga bermanfaat.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.