Informasi Harga Pipet Tetes di Apotik

9 January 2023

Harga Pipet Tetes di Apotik

Harga Pipet Tetes di Apotik – Pipet adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur dan menyimpan volume cairan yang kecil. Pipet sering digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk pengukuran bahan kimia, pertanian, dan kedokteran. Pipet terdiri dari tabung tipis yang terbuat dari kaca atau plastik, dengan ujung yang dapat ditekan atau ditarik untuk mengambil atau mengeluarkan cairan.

Ada beberapa jenis pipet, termasuk pipet volumetrik, pipet gravimetrik, dan pipet mikro. Masing-masing jenis pipet memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda tergantung pada kebutuhan aplikasi.

Pipet ukur adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur volume cairan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Pipet ukur biasanya terbuat dari kaca atau plastik, dan memiliki skala yang dicetak di bagian tubuhnya. Pipet ukur dapat digunakan untuk mengukur volume cairan yang sangat kecil, yang biasanya berkisar antara 1 mL hingga 25 mL. Pipet ukur biasanya digunakan untuk mengukur volume cairan yang harus tepat, seperti dalam pembuatan sediaan farmasi atau reagen laboratorium.

Pipet tetes adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur dan menyimpan volume cairan yang sangat kecil, biasanya berkisar antara 1 µL hingga 1000 µL. Pipet tetes terdiri dari tabung tipis yang terbuat dari kaca atau plastik, dengan ujung yang dapat ditekan atau ditarik untuk mengambil atau mengeluarkan cairan. Pipet tetes biasanya digunakan untuk mengukur atau menyimpan volume cairan yang sangat kecil, seperti dalam analisis genetik atau kultur sel.

 

Harga Pipet Tetes di Apotik

Berikut ini Harga Pipet Tetes di Apotik terbaru :

 

Varian Pipet Tetes di Apotik Harga 2023
Pipet Plastik Skala 3 Ml 800
Pipet Plastik Skala 1 ml 5.000
Pipet Tetes Pigeon Medicine Feeder 126.300

 

Ukuran Pipet Tetes

Ukuran pipet tetes bervariasi tergantung pada jenis pipet dan aplikasi yang digunakan. Beberapa pipet tetes yang umum digunakan dalam laboratorium memiliki kapasitas sebagai berikut:

  • Pipet tetes minyak : 0,5 µL – 2 µL
  • Pipet tetes bola : 2 µL – 10 µL
  • Pipet tetes micro : 5 µL – 50 µL
  • Pipet tetes mikro : 10 µL – 100 µL
  • Pipet tetes Gilson : 20 µL – 200 µL
  • Pipet tetes Varian : 50 µL – 1000 µL

Perlu diingat bahwa ukuran pipet tetes yang disebutkan di atas hanya merupakan garis besar, dan dapat berbeda tergantung pada produsen atau model pipet yang digunakan. Selalu periksa spesifikasi produk untuk mengetahui ukuran pipet tetes yang tepat.

 

Fungsi Pipet Tetes

Fungsi pipet tetes adalah untuk mengukur dan menyimpan volume cairan yang sangat kecil, biasanya berkisar antara 1 µL hingga 1000 µL. Pipet tetes biasanya digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi dalam mengukur volume cairan, seperti dalam analisis genetik atau kultur sel.

Selain itu, pipet tetes juga dapat digunakan untuk mengeluarkan volume cairan yang sangat kecil secara tepat, seperti dalam pengenceran sampel atau pembuatan sediaan farmasi. Pipet tetes juga sering digunakan dalam proses perakitan atau pembuatan produk kimia, dimana volume cairan yang tepat sangat penting.

Pipet tetes juga dapat digunakan untuk menyimpan cairan untuk penyimpanan jangka pendek, seperti dalam pengiriman sampel atau analisis lanjutan di laboratorium. Namun, pipet tetes biasanya tidak cocok untuk penyimpanan jangka panjang, karena dapat mengalami perubahan kualitas atau kehilangan kekentalan tergantung pada cairan yang disimpan dan kondisi penyimpanannya.

 

Jenis Pipet

Berikut ini adalah beberapa jenis pipet yang umum digunakan dalam laboratorium, beserta fungsinya:

  1. Pipet volumetrik
  • Fungsi: untuk mengukur volume cairan dengan tingkat akurasi yang tinggi.
  • Cara kerja: pipet volumetrik memiliki skala yang dicetak di bagian tubuhnya, sehingga dapat digunakan untuk mengukur volume cairan dengan tepat.
  1. Pipet gravimetrik
  • Fungsi: untuk mengukur massa cairan dengan tingkat akurasi yang tinggi.
  • Cara kerja: pipet gravimetrik memiliki ujung yang lebih lebar dibandingkan pipet volumetrik, sehingga dapat digunakan untuk mengukur massa cairan dengan tepat.
  1. Pipet mikro
  • Fungsi: untuk mengukur volume cairan yang sangat kecil, biasanya berkisar antara 1 µL hingga 1000 µL.
  • Cara kerja: pipet mikro memiliki tabung yang tipis dan ujung yang dapat ditekan atau ditarik untuk mengambil atau mengeluarkan cairan.
  1. Pipet minyak
  • Fungsi: untuk mengukur volume cairan yang sangat kecil, biasanya berkisar antara 0,5 µL hingga 2 µL.
  • Cara kerja: pipet minyak terbuat dari kaca atau plastik, dan memiliki ujung yang lebih kecil dibandingkan pipet mikro.
  1. Pipet bola
  • Fungsi: untuk mengukur volume cairan yang sangat kecil, biasanya berkisar antara 2 µL hingga 10 µL.
  • Cara kerja: pipet bola memiliki tabung yang tipis dan ujung yang dilengkapi dengan bola kecil yang dapat ditekan atau ditarik untuk mengambil atau mengeluarkan cairan.
  1. Pipet suntik
  • Fungsi: untuk mengukur volume cairan yang sangat kecil, biasanya berkisar antara 0,1 µL hingga 10 µL.
  • Cara kerja: pipet suntik terbuat dari kaca atau plastik, dan memiliki ujung yang dilengkapi dengan jarum suntik yang dapat ditekan atau ditarik untuk mengambil atau mengeluarkan cairan.

 

Tempat Jual Pipet Tetes Terdekat

Berikut beberapa tempat terdekat :

Yogyakarta
CV.General Labora
Alamat: Jalan Kesehatan No. B52B, Sinduadi, Mlati, Sendowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Telepon: 0857-2943-9044

Yogyakarta
Kyoken Botol Jogja
Alamat: Jalan soragan. Sumberan Mirota godean ke selatan Sekolah mutiara persada ke utara 3toko, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271
Telepon: 0812-2602-423

Solo
Cipta Kimia
Alamat: Jl. Yos Sudarso No.244, Kratonan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57153
Telepon: (0271) 644815

Semarang
UD Berkah Mandiri
Alamat: 2FF2+8JC, Kp. Cikrapyak, Jl. Karangingas, Muktiharjo Kidul, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50197
Telepon: 0858-6571-0327

Jakarta
LabSatu
Alamat: CIBIS NINE Building 11th floor, Jl. TB Simatupang No.2, RT.13/RW.5, Cilandak Tim., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560

 

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.