Harga Paving Block Per Meter Terpasang

11 March 2023

Harga Paving Block Per Meter Terpasang

Harga Paving Block Per Meter Terpasang – Jenis material bahan bangunan yang digunakan untuk membuat lantai atau jalan yang rata dan kuat. Paving block terbuat dari beton atau batu alam yang diukir dalam bentuk persegi atau segi empat yang sama besar dan dipasang secara bertumpuk untuk membentuk lapisan permukaan yang solid.

Paving block banyak digunakan untuk membuat jalan, trotoar, halaman parkir, lapangan, dan berbagai area outdoor lainnya. Keuntungan dari penggunaan paving block adalah tahan lama, mudah dipasang dan dirawat, mudah diganti jika ada yang rusak, serta memiliki banyak pilihan warna dan bentuk yang dapat disesuaikan dengan desain dan gaya bangunan.

 

Harga Paving Block Per Meter Terpasang

  • Harga pasang dengan material: Rp140.000/m2 – Rp175.000/m2
  • Harga pasang tanpa material: Rp25.000/m2

 

Apa Kelebihan jalan paving block ?

Beberapa kelebihan dari jalan paving block antara lain:

Tahan Lama

Paving block terbuat dari material yang sangat tahan lama seperti beton atau batu alam, sehingga mampu bertahan dalam waktu yang lama bahkan dalam kondisi cuaca yang ekstrem.

Mudah Dipasang dan Dirawat

Paving block sangat mudah dipasang dan dirawat, bahkan oleh orang yang tidak berpengalaman. Sehingga memungkinkan penghematan waktu dan biaya dalam pemasangan dan perawatan.

Tidak Licin

Permukaan paving block tidak licin bahkan saat basah, sehingga sangat aman untuk dilalui oleh kendaraan maupun pejalan kaki.

Lebih Hemat Biaya

Dibandingkan dengan material lainnya seperti aspal atau beton cor, paving block lebih hemat biaya karena tidak memerlukan peralatan yang rumit dan mahal untuk pemasangan.

Estetika yang Menarik

Paving block memiliki banyak pilihan bentuk, warna, dan desain yang dapat disesuaikan dengan gaya dan desain bangunan, sehingga dapat memberikan estetika yang menarik dan meningkatkan nilai estetika dari bangunan tersebut.

 

Cara Memasang Paving Block

langkah-langkah umum dalam memasang paving block:

  1. Persiapan Permukaan, Pastikan permukaan yang akan dipasangi paving block dalam keadaan rata, kokoh dan tidak bergelombang. Jika diperlukan, tambahkan pasir atau kerikil untuk membantu memperkuat dan menstabilkan permukaan.
  2. Buat Kerangka Batas, Gunakan kayu atau besi untuk membuat kerangka batas sebagai patokan dan pengukuran untuk memastikan paving block dipasang dengan rata dan sejajar. Pastikan kerangka batas diletakkan dengan benar dan terkunci di tempatnya.
  3. Pasang Geotekstil, Pasang geotekstil sebagai lapisan bawah paving block. Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung permukaan dari tumbuh-tumbuhan dan bahan-bahan lainnya yang dapat merusak lapisan permukaan paving block.
  4. Pasang Pasir Kasar, Pasang lapisan pasir kasar di atas geotekstil, dan ratakan dengan penggaruk atau alat lainnya. Lapisan pasir kasar ini berfungsi sebagai lapisan alas paving block dan membantu memperkuat dan menstabilkan lapisan permukaan.
  5. Pasang Paving Block, Mulai memasang paving block dari sudut paling jauh dari kerangka batas, dan lanjutkan ke arah depan. Pastikan paving block dipasang dengan rata dan sejajar, dan jangan lupa untuk memasang spasi antara paving block untuk memastikan jarak yang sama antar paving block.
  6. Potong Paving Block, Potong paving block jika diperlukan untuk menyesuaikan ukuran paving block pada sudut atau ujung yang tidak rata.
  7. Isi Spasi dengan Pasir Halus, Isi spasi antara paving block dengan pasir halus, dan ratakan dengan penggaruk atau alat lainnya. Pasir halus ini berfungsi untuk menjaga paving block tetap pada posisinya dan mencegah pergerakan atau getaran yang dapat merusak permukaan.
  8. Perbaiki dan Selesaikan, Periksa apakah paving block terpasang dengan rata dan sejajar, dan perbaiki jika diperlukan. Setelah selesai, bersihkan permukaan dari sisa-sisa pasir atau material lainnya dan biarkan lapisan permukaan mengeras selama beberapa hari sebelum dilalui atau digunakan.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.