Informasi Harga Kayu Gaharu Per Kilo

1 February 2023

Harga Kayu Gaharu Per Kilo

Harga Kayu Gaharu Per Kilo – Pohon ini digunakan untuk memproduksi minyak gaharu yang banyak digunakan dalam produk-produk parfum dan kosmetik. Minyak gaharu juga digunakan dalam pengobatan tradisional di beberapa negara. Kayu gaharu dapat tumbuh hingga ketinggian 30 meter dan dapat tumbuh dalam kondisi hutan hujan tropis.

Kayu gaharu juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi, karena digunakan dalam industri kayu dan kerajinan. Namun perlu diingat bahwa beberapa jenis kayu gaharu dianggap terancam punah karena over exploitation. Beberapa jenis kayu gaharu juga dianggap sebagai tanaman yang sulit dibudidayakan dan hanya bisa ditemukan dalam alam liar.

Kayu gaharu memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena minyak gaharu yang dihasilkan dari kayu ini sangat dihargai dalam industri parfum dan kosmetik, serta digunakan dalam pengobatan tradisional. Namun, ada beberapa faktor lain yang membuat kayu gaharu menjadi mahal, diantaranya:

  1. Proses produksi minyak gaharu dari kayu gaharu sangat rumit dan memakan waktu yang lama. Minyak gaharu hanya dapat dihasilkan dari kayu yang sudah matang dan memerlukan waktu hingga beberapa tahun untuk dihasilkan.
  2. Beberapa jenis kayu gaharu dianggap terancam punah karena over exploitation. Ketersediaan kayu gaharu yang terbatas membuat harga kayu gaharu menjadi lebih mahal.
  3. Kualitas minyak gaharu yang dihasilkan dari kayu gaharu sangat bervariasi. Minyak gaharu yang berkualitas tinggi memiliki aroma yang lebih kuat dan dihargai lebih tinggi dibanding minyak gaharu yang berkualitas rendah.
  4. Proses pengolahan minyak gaharu dari kayu gaharu juga cukup rumit dan memerlukan teknologi yang canggih. Hal ini juga membuat harga minyak gaharu menjadi lebih mahal.
  5. Legalitas dari kayu gaharu sangat penting dalam industri, jika kayu gaharu diperoleh dengan cara yang tidak legal, maka harga kayu gaharu akan lebih tinggi.

Semua faktor yang membuat kayu gaharu menjadi mahal, yaitu ketersediaan yang terbatas, proses produksi yang rumit, kualitas yang bervariasi, pengolahan yang memakan waktu dan teknologi yang canggih serta legalitas yang harus diperhatikan.

 

Harga Kayu Gaharu Per Kilo

berikut update Harga Kayu Gaharu Per Kilo adalah

 

Jenis Kayu Gaharu Harga
Kayu Gaharu Kalimantan Grade AB 1 kg Rp1.550.000 – Rp2.100.000
Kayu Gaharu Sumatera 340 gr Rp3.750.000
Kayu Gaharu Super King 130 gr Rp6.010.000 – Rp6.700.000
Kayu Gaharu Jayapura 590 gr Rp9.755.000
Kayu Gaharu Kalimantan 500 gr Rp14.550.000
Kayu Gaharu Ambon Grade 2 1 kg Rp15.100.000
Kayu Gaharu Malinau Kalimantan Grade 2 1 kg Rp20.200.000
Kayu Gaharu Merauke 1 kg Rp26.040.000
Kayu Gaharu Pontianak Kalimantan 1 kg Rp45.100.000

 

Manfaat Kayu Gaharu

Berikut beberapa manfaat kayu gaharu adalah

  1. Aromaterapi, Kayu Gaharu dikenal memiliki aroma yang kuat dan harum, yang dapat digunakan untuk menyegarkan udara dan menenangkan pikiran.
  2. Obat, Kayu Gaharu dikenal memiliki khasiat anti-inflamasi dan analgetik, yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri sendi.
  3. Kecantikan, Kayu Gaharu dapat digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan seperti minyak rambut dan minyak wajah.
  4. Seni, Kayu Gaharu dihargai sebagai bahan kerajinan tangan karena teksturnya yang indah dan warna yang unik.
  5. Investasi, Kayu Gaharu dianggap sebagai investasi jangka panjang karena harganya yang cenderung naik dari waktu ke waktu.

 

Apakah kayu gaharu di lindungi?

Ya, kayu gaharu di lindungi di beberapa negara termasuk Indonesia. Hal ini karena kayu gaharu merupakan jenis kayu yang langka dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Di Indonesia, penanaman dan penebangan kayu gaharu diawasi oleh pemerintah melalui Departemen Kehutanan dan juga dikenakan tarif bea masuk yang cukup tinggi. Namun, masih ada kekhawatiran tentang illegal logging (penebangan liar) yang mengancam keberlangsungan populasi kayu gaharu.

 

Fakta Kayu Gaharu

  • Kayu gaharu (Aquilaria malaccensis) merupakan jenis pohon yang terdapat di hutan tropis Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Thailand.
  • Kayu gaharu dikenal karena aroma yang khas yang dihasilkan dari resin yang terkumpul di dalam pohon. Resin ini sering digunakan dalam produk parfum, obat-obatan tradisional, dan kerajinan.
  • Kayu gaharu juga digunakan dalam pembuatan perabotan, seperti meja dan kursi, karena kekuatannya yang baik dan warna yang indah.
  • Keberlangsungan populasi kayu gaharu di dunia saat ini dipertanyakan karena penebangan liar yang dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi.
  • Beberapa negara, termasuk Indonesia, telah mengeluarkan peraturan untuk melindungi kayu gaharu dengan mengatur penanaman dan penebangan yang diperbolehkan serta mengenakan tarif bea masuk yang tinggi untuk kayu gaharu yang diimpor.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.