Harga Kayu Cendana per Kg Manfaat dan Jenis

11 January 2023

Harga Kayu Cendana per Kg

Harga Kayu Cendana per Kg – Jenis kayu yang diperoleh dari pohon Cendana (Santalum album) yang biasanya tumbuh di daerah tropis, seperti Indonesia, India, dan Australia. Pohon cendana memiliki tinggi yang cukup tinggi, bisa mencapai 20 meter dan memiliki diameter batang yang cukup besar. Kayu cendana banyak ditemukan di provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Malu Tenggara Barat.

Kayu cendana dianggap sebagai jenis kayu yang berkualitas tinggi karena memiliki warna yang unik dan tekstur yang halus. Kayu cendana memiliki warna dasar merah muda yang menjadi lebih gelap dengan waktu. Kayu ini juga cukup keras dan kuat, serta memiliki aroma yang khas dan harum.

Kayu cendana sering digunakan untuk aplikasi seni dan kerajinan, seperti pembuatan furniture, interior, ataupun kontruksi yang memerlukan kualitas estetika yang tinggi. Kayu ini juga digunakan dalam industri parfum dan produk-produk kecantikan karena aroma harum yang dihasilkannya. Namun, karena pohon cendana langka dan penebangannya dikontrol, harga kayu cendana sangat mahal dibandingkan dengan kayu lain.

 

Harga Kayu Cendana per Kg

Berikut ini update Harga Kayu Cendana per Kg adalah 1.950.000 rupiah

 

Jenis Produk Kayu Cendana Kisaran Harga (Rp)
Serutan kayu cendana wangi super asli 100 gr 45.000
Kayu cendana gelondongan 1 kilogram 255.000
Serutan kayu cendana wangi 300 gr SCS02 305.000
Akar kayu cendana berat 350 gram 1.550.000
Galih kayu cendana per kg 1.620.000
Kayu cendana Super NTT 1 kg 1.950.000
Log kayu cendana berat 9 kg 4.550.000
Akar kayu cendana berat 5 kg 15.100.000

 

Manfaat Kayu Cendana

Manfaat Kayu cendana diantaranya:

Digunakan dalam industri parfum dan wewangian

Kayu cendana menghasilkan minyak esensial yang digunakan dalam parfum, wewangian, dan produk-produk perawatan kulit.

Digunakan dalam industri farmasi

Minyak esensial kayu cendana digunakan dalam produk-produk farmasi seperti obat untuk sakit kepala, insomnia, dan infeksi kulit.

Digunakan dalam ritual keagamaan

Kayu cendana digunakan dalam berbagai ritual keagamaan di India dan di negara-negara Asia lainnya.

Dikonsumsi sebagai rempah-rempah

Kayu cendana sering digunakan dalam masakan India dan Nepal, memberikan aroma yang khas serta dapat digunakan untuk menambah rasa pada makanan

Bahan baku industri

Kayu cendana digunakan dalam bahan baku industri seperti pembuatan kerajinan, meubel, dan instrumen musik

 

Jenis Kayu Cendana

Terdapat beberapa jenis kayu cendana yang berbeda yang dikenal dalam dunia, diantaranya :

  1. Santalum album, Ini adalah jenis kayu cendana yang paling umum ditemukan di India, Nepal, dan negara-negara Asia lainnya. Ini dianggap sebagai jenis kayu cendana yang paling berkualitas dan digunakan dalam industri parfum, wewangian, dan farmasi.
  2. Santalum spicatum, Ini adalah jenis kayu cendana yang ditemukan di Australia. Ini memiliki aroma yang lebih kuat daripada jenis Santalum album dan digunakan dalam industri parfum, wewangian, dan farmasi.
  3. Santalum freycinetianum, Ini adalah jenis kayu cendana yang ditemukan di Hawaii. Ini digunakan dalam industri parfum, wewangian, dan farmasi.
  4. Santalum yasi, Ini adalah jenis kayu cendana yang ditemukan di Fiji. Ini digunakan dalam industri parfum, wewangian, dan farmasi.
  5. Santalum ellipticum, Ini adalah jenis kayu cendana yang ditemukan di Vanuatu dan Salomon. Ini digunakan dalam industri parfum, wewangian, dan farmasi.

 

Berapa tahun panen kayu cendana?

Usia pohon kayu cendana yang tepat untuk panen bervariasi tergantung pada jenisnya dan kondisi lingkungan. Namun, umumnya pohon cendana memerlukan waktu antara 20-30 tahun untuk mencapai usia panen. Beberapa jenis kayu cendana dapat dipanen setelah 15 tahun, sementara jenis lain memerlukan lebih dari 30 tahun untuk mencapai usia panen.

Tetapi perlu diingat bahwa pohon cendana memerlukan waktu yang cukup lama untuk tumbuh dan memproduksi minyak esensial yang berkualitas, sehingga dalam beberapa kasus periode panen kayu cendana bisa lebih panjang dari usia pohon yang ditetapkan

Maka dari itu, perlu ada upaya untuk memelihara populasi cendana yang baik untuk menjamin ketersediaan kayu cendana di masa depan.

 

Apakah kayu cendana dilindungi?

Kebanyakan jenis kayu cendana dilindungi oleh hukum untuk mencegah eksploitasi yang berlebihan dan untuk melindungi populasi pohon. Misalnya, di India, negara yang merupakan penghasil kayu cendana terbesar di dunia, perdagangan kayu cendana diatur oleh hukum dan diatur oleh The Indian Sandalwood Oil Rules, 1945 dan The Indian Sandalwood Act, 1972.

Di Australia, jenis kayu cendana yang dikenal sebagai Western Australian Sandalwood (Santalum spicatum) dilindungi oleh hukum dan hanya diizinkan untuk ditumbuhkan dan dipanen oleh perusahaan yang memiliki izin yang sesuai.

Sedangkan di negara-negara lain seperti Fiji, Vanuatu, Solomon Islands, Sandalwood juga dilindungi oleh hukum yang sama dengan di India dan Australia.

Namun, walaupun dilindungi oleh hukum, masih ada kasus-kasus di mana eksploitasi kayu cendana masih terjadi, dan ini memerlukan pengawasan dan regulasi yang lebih ketat untuk mencegah tindakan ilegal.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.