Informasi Harga Kacang Kedelai 1 Kg

1 February 2023

Harga Kacang Kedelai 1 Kg

Harga Kacang Kedelai 1 Kg – Kedelai adalah tanaman yang termasuk dalam famili Fabaceae, yang dikenal karena bijinya yang digunakan sebagai sumber protein dan lemak yang baik. Kedelai ditanam di seluruh dunia dan digunakan dalam berbagai produk, termasuk tepung kedelai, minyak kedelai, tauge, dan produk olahan seperti tahu, tempe, dan susu kedelai.

Kedelai juga digunakan dalam produk non-pangan seperti sabun, kosmetik, dan bahan bakar. Kedelai memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kadar kolesterol, mengontrol gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kedelai juga merupakan sumber protein yang baik bagi vegetarian dan vegan.

Ciri ciri Kedelai

Ciri-ciri kedelai adalah:

Tanaman berumput

Kedelai tumbuh sebagai tanaman berumput yang dapat mencapai ketinggian 1-1,5 meter.

Daun

Daun kedelai berwarna hijau dan berbentuk elips dengan ujung runcing dan dasar bundar.

Bunga

Bunga kedelai berwarna putih atau kuning dan tumbuh dalam kelompok di ujung batang.

Biji

Biji kedelai berwarna coklat kehitaman dan berbentuk bulat atau oval. Biji ini tumbuh dalam kapsul yang tersusun dalam kelompok di batang.

Akar

Kedelai memiliki akar yang sangat dalam dan membentuk nodul di permukaan akar yang berfungsi untuk mengikat nitrogen dari udara.

Tanaman tidak berbunga sampai bulan ke-6 setelah tanam, dan kapsul yang berisi biji akan muncul pada bulan ke-8. Tanaman akan mati setelah menghasilkan biji.

 

Harga Kacang Kedelai 1 Kg hari ini

Berikut informasi tentang Harga Kacang Kedelai 1 Kg hari ini adalah 13.250

 

Manfaat Kedelai

Kedelai memiliki banyak manfaat kesehatan, diantaranya:

  1. Menurunkan kadar kolesterol, Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  2. Mengontrol gula darah, Kedelai dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.
  3. Menurunkan risiko penyakit jantung, Kedelai dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung.
  4. Sumber protein yang baik, Kedelai merupakan sumber protein yang baik bagi vegetarian dan vegan.
  5. Menjaga kesehatan tulang, Kedelai mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang.
  6. Menurunkan risiko kanker, Kedelai dapat menurunkan risiko kanker payudara dan prostat.
  7. Menjaga kesehatan kulit, Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon yang dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.
  8. Sumber serat, Kedelai juga merupakan sumber serat yang baik yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Biji Kedelai

biji kedelai

Contoh biji kedelai

Kandungan Kedelai

Kedelai memiliki berbagai jenis kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya:

  • Protein. Kedelai merupakan sumber protein yang baik, dengan kandungan protein sekitar 35-40%.
  • Lemak. Kedelai mengandung lemak sekitar 20%, di mana sebagian besar adalah lemak tak jenuh.
  • Karbohidrat. Kedelai mengandung karbohidrat sekitar 20-30%.
  • Serat. Kedelai juga merupakan sumber serat yang baik, dengan kandungan serat sekitar 3%.
  • Vitamin. Kedelai mengandung vitamin B dan E
  • Mineral. Kedelai mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalium.
  • Isoflavon. Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon yang memiliki manfaat kesehatan yang baik, seperti menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko kanker.
  • Fitonutrien. Kedelai juga mengandung banyak fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti saponin, lignan, dan polisakarida.

 

Jenis kedelai

Ada beberapa jenis kedelai yang dikenal, diantaranya:

  1. Kedelai Hitam : Kedelai hitam merupakan salah satu jenis kedelai yang banyak ditanam di Asia, terutama di China. Biji kedelai hitam lebih besar dibandingkan jenis kedelai lainnya dan memiliki rasa yang khas.
  2. Kedelai Putih : Kedelai putih merupakan jenis kedelai yang paling banyak ditanam di dunia. Biji kedelai putih lebih kecil dibandingkan kedelai hitam dan memiliki rasa yang lebih halus.
  3. Kedelai Hijau : Kedelai hijau merupakan jenis kedelai yang masih dalam kondisi mentah dan digunakan dalam masakan segar.
  4. Kedelai Kacang : Kedelai kacang merupakan jenis kedelai yang ditanam untuk dijadikan bahan baku tepung, tauge dan tempe.
  5. Kedelai Soybean : Kedelai soybean merupakan jenis kedelai yang ditanam untuk dijadikan bahan baku minyak, tepung, tauge dan tempe.

 

Cara Budidaya Tanaman Kedelai

Cara budidaya tanaman kedelai meliputi beberapa tahap, diantaranya:

  1. Persiapan lahan – Lahan yang baik untuk tanaman kedelai adalah lahan yang berpasir atau berlempung dengan drainase yang baik. Lahan harus diolah dengan baik dan dikeringkan sebelum ditanami.
  2. Pemilihan benih – Pemilihan benih yang baik merupakan faktor penting dalam budidaya kedelai. Benih yang digunakan harus berkualitas baik dan bebas dari penyakit.
  3. Penanaman – Kedelai dapat ditanam dengan cara manual atau menggunakan mesin penanam. Tanaman kedelai ditanam dengan jarak tanam 15-20 cm antar baris dan 20-25 cm antar tanaman.
  4. Pemeliharaan – Tanaman kedelai harus diolah dengan baik dan diberi pupuk sesuai kebutuhan. Tanaman juga harus ditumbuhi setiap saat dan diberi air sesuai kebutuhan.
  5. Panen – Tanaman kedelai dapat dipanen setelah 8-10 minggu setelah tanam. Biji kedelai dapat dikeringkan di bawah sinar matahari sebelum disimpan.
  6. Pemeliharaan lingkungan – budidaya tanaman kedelai harus di dukung dengan lingkungan yang baik seperti pemberian pupuk, pengendalian hama.

 

Demikian informasi tentang Harga Kedelai 1 kg di pasar 2023 terima kasih atas kunjungannya.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.