Harga ikan Tuna 1 kg Olahan dan Cara Masak

10 January 2023

Harga ikan Tuna 1 kg

Harga ikan Tuna 1 kg – Ikan tuna adalah ikan pelagis yang tergolong dalam famili Scombridae. Ikan tuna umumnya hidup di laut lepas dan dapat ditemukan di seluruh dunia. Ikan tuna terkenal karena dagingnya yang tebal dan lezat, yang sering digunakan dalam masakan seafood dan sarden.

Ikan tuna juga merupakan salah satu sumber protein yang kaya akan nutrisi, termasuk lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Ikan tuna juga memiliki beberapa varietas, termasuk tuna albacore, tuna biru, dan tuna skipjack.

Ciri Ciri ikan Tuna

Ikan tuna memiliki beberapa ciri fisik yang membedakannya dari ikan lain. Berikut ini adalah beberapa ciri ciri ikan tuna:

Ukuran tubuh

Ikan tuna umumnya memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, dengan panjang yang bervariasi antara 30 cm hingga 2,4 meter.

Warna tubuh

Ikan tuna memiliki warna tubuh yang bervariasi, mulai dari biru keabu-abuan hingga coklat atau merah.

Sirip

Ikan tuna memiliki sirip depan yang panjang dan tajam, serta sirip punggung yang lebih pendek. Sirip ini membantu ikan tuna berenang dengan cepat dan melakukan manuver yang akrobatis di air.

Daging

Ikan tuna memiliki daging yang tebal dan lezat, yang sering digunakan dalam masakan seafood dan sarden.

Mata

Ikan tuna memiliki mata yang besar dan bulat, yang membantu mereka melihat dengan jelas di air.

Mulut

Ikan tuna memiliki mulut yang besar dan tajam, yang membantu mereka menangkap dan memakan ikan lainnya.

 

Harga ikan Tuna 1 kg

Update Harga ikan Tuna 1 Kg Grade A adalah 99.000 ribu di marketplace Online.

 

Jenis Tuna Berat Harga
Darin Ikan Tuna 100 gram Rp 17.200
Darin Ikan Tuna 180 gram Rp 33.800
Deho Ikan Tuna 180 gram Rp 21.000
Sunbell Ikan Tuna 100 gram Rp 14.000
Nahoo Ikan Tuna 150 gram Rp 14.400
Sunbell Katsuo Ikan Tuna 70 gram Rp 11.000
Ikan Tuna Dalam Minyak 180 gram Rp 18.500
Friskies Ikan Tuna 400 gram Rp 38.500
SMS Ikan Tuna 250 gram Rp 155.000
Ikan Tuna Pantai Manado 250 gram Rp 16.500

 

Jenis ikan Tuna

Terdapat beberapa jenis ikan tuna yang umum ditemukan di seluruh dunia. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan tuna yang umum ditemukan:

  1. Tuna albacore, Tuna albacore adalah salah satu jenis ikan tuna yang paling umum ditemukan di laut lepas. Tuna albacore memiliki tubuh yang panjang dan ramping, dengan warna tubuh yang berubah dari biru keabu-abuan di bagian atas ke putih di bagian bawah. Tuna albacore umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada jenis tuna lainnya, dengan panjang rata-rata sekitar 1,5 meter.
  2. Tuna biru, Tuna biru adalah jenis ikan tuna yang paling besar, dengan panjang tubuh yang bisa mencapai 2,4 meter. Tuna biru memiliki warna tubuh yang biru keabu-abuan di bagian atas dan putih di bagian bawah. Tuna biru umumnya ditemukan di laut lepas, tetapi juga dapat ditemukan di perairan dangkal.
  3. Tuna skipjack, Tuna skipjack adalah jenis ikan tuna yang paling kecil, dengan panjang tubuh rata-rata sekitar 30 cm. Tuna skipjack memiliki warna tubuh yang berubah dari biru keabu-abuan di bagian atas ke coklat atau merah di bagian bawah. Tuna skipjack umumnya ditemukan di laut lepas, tetapi juga dapat ditemukan di perairan dangkal.
  4. Tuna kuningtail, Tuna kuningtail adalah jenis ikan tuna yang memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang rata-rata sekitar 1,5 meter. Tuna kuningtail memiliki warna tubuh yang biru keabu-abuan di bagian atas dan kuning di bagian bawah. Tuna kuningtail umumnya ditemukan di laut lepas, tetapi juga dapat ditemukan di perairan dangkal.

 

Olahan ikan tuna

Makanan yang terbuat dari ikan tuna yang diproses dan diolah menjadi berbagai macam makanan. Contoh olahan ikan tuna adalah sarden, ikan tuna asap, tuna makanan ringan, tuna panggang, tuna kaleng, dan lain-lain. Olahan ikan tuna banyak ditemukan di pasar-pasar atau toko-toko kelontong, dan juga sering dijual di restoran atau warung-warung kecil. Olahan ikan tuna banyak digemari karena rasanya yang gurih dan harganya yang relatif terjangkau.

 

Resep Masak ikan Tuna

Ikan tuna bisa diolah dengan cara dipanggang, dibakar, diolah menjadi sushi atau sashimi, atau dimasak dengan cara lain seperti dibolak-balik dalam wajan dengan bumbu-bumbu tertentu. Berikut adalah resep sederhana untuk memasak ikan tuna dengan cara dibolak-balik dalam wajan:

Bahan-bahan:

  • 200 gram ikan tuna, potong menjadi 4 bagian
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 siung bawang merah, cincang halus
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt kaldu bubuk

Cara memasak:

  • Panaskan minyak goreng dalam wajan besar di atas api sedang.
  • Masukkan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum.
  • Masukkan ikan tuna ke dalam wajan, beri garam, merica, gula, dan kaldu bubuk.
  • Bolak-balik ikan tuna hingga matang sempurna, kurang lebih selama 3-4 menit.
  • Angkat dari wajan dan sajikan selagi hangat.

Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kol, atau brokoli ke dalam wajan bersama ikan tuna saat memasak. Selamat mencoba!

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.