Informasi Harga ikan Toman Termahal

1 February 2023

Harga ikan Toman Termahal

Harga ikan Toman Termahal – Ikan Toman adalah nama sebuah jenis ikan yang sering ditemukan di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Ikan ini biasanya ditemukan di sungai dan danau, dan dapat dibudidayakan secara luas. Ukurannya cukup besar, dengan panjang rata-rata antara 30 cm hingga 1 meter.

Ikan toman adalah jenis ikan yang digemari banyak orang karena rasanya yang enak dan dapat dimasak dalam berbagai cara, seperti digoreng, diolah menjadi asam pedas, atau diolah menjadi sup.

Harga ikan toman dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran ikan, tempat di mana ikan itu ditangkap atau dibudidayakan, dan musim. Biasanya, ikan toman yang ditangkap alami lebih mahal dibandingkan dengan ikan yang dibudidayakan. Ikan toman yang ditangkap di perairan yang jauh atau wilayah yang sulit dijangkau juga akan lebih mahal dibandingkan dengan ikan yang ditangkap di perairan yang lebih dekat.

Namun umumnya jika di beli di pasar atau di toko ikan, ikan toman dihargai dengan harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan ikan lain yang tersedia, itu karena rasanya yang enak dan cukup populer di kalangan masyarakat. Tapi masih dapat dibandingkan dengan harga ikan lain sejenis yang juga dikatakan sebagai ikan hias yang harga jualnya cukup mahal.

 

Harga ikan Toman Termahal

Berikut update harga ikan tomat termahal dan berbagai ukuran dari beberapa daerah.

 

Varian Ikan Toman Harga
Ikan Toman 20 cm Rp55.500 per ekor
Ikan Toman 40 cm Rp85.500 – Rp140.000 per ekor
Ikan Toman 50 cm Rp15.000 per ekor
Ikan Toman Redline 20 cm Rp1.100.000 per ekor
Ikan Toman Redline 30 cm Rp2.100.000 per ekor
Ikan Toman Yellow Maru 10 – 15 cm Rp48.000 per ekor
Ikan Toman Yellow Maru 20 cm Rp180.000 per ekor
Ikan Toman Konsumsi Rp85.500 – Rp115.000 per kg

 

Jenis ikan Toman

Terdapat beberapa jenis ikan toman yang dikenal, diantaranya:

  1. Ikan Toman Besar (Channa micropeltes) – Ini adalah jenis ikan toman yang paling umum ditemukan, dan juga yang paling besar. Ikan ini dapat mencapai panjang hingga 1,5 meter dan berat hingga 40 kg.
  2. Ikan Toman Kecil (Channa striata) – Ini adalah jenis ikan toman yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis besar, dengan panjang rata-rata sekitar 60 cm. Ikan ini lebih kerap ditemukan di perairan dangkal dan lebih mudah dibudidayakan dibandingkan dengan jenis besar.
  3. Ikan Toman Gergasi (Channa marulius) – Ini adalah jenis ikan toman yang paling besar, dapat mencapai panjang hingga 2,5 meter dan berat hingga 90 kg. Ikan ini hanya ditemukan di beberapa wilayah di Asia Tenggara.
  4. Ikan Toman air tawar (Channa argus) – Ini adalah jenis ikan toman yang dapat ditemukan di perairan air tawar, sangat cocok untuk dibudidayakan di kolam, dengan ukuran yang lebih kecil dari jenis lainnya yang dapat di temukan di perairan air asin.

 

Ciri Ciri Ikan Toman

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri ikan toman:

  1. Bentuk tubuh – Ikan toman memiliki bentuk tubuh yang panjang dan pipih, dengan ekor yang lebar dan runcing. Ada juga sebuah sirip dorsal yang besar dan panjang di bagian atas tubuh ikan.
  2. Warna – Warna ikan toman bervariasi, mulai dari warna hijau, coklat, ungu, hingga hitam. Beberapa jenis ikan toman juga memiliki garis-garis atau pola warna yang kontras di tubuhnya.
  3. Ukuran – Ukuran ikan toman bervariasi tergantung jenisnya, dengan ukuran yang paling kecil dapat mencapai sekitar 15 cm dan yang paling besar dapat mencapai lebih dari 2 meter
  4. Habitat – Ikan toman dapat ditemukan di berbagai perairan, seperti sungai, danau, dan rawa-rawa. Beberapa jenis ikan toman juga dapat ditemukan di perairan air tawar
  5. Makanan – Ikan toman dikenal sebagai predator yang aktif dan memakan berbagai jenis ikan, crustacea, dan udang.
  6. Karakter – Ikan toman dikenal sebagai ikan predator yang agresif dan sangat berbahaya bagi ikan lain di lingkungannya.
  7. Sifat air – Banyak jenis ikan toman dapat hidup dalam air asin atau air tawar, namun ada juga yang hanya dapat hidup dalam air tawar saja.

 

Makanan Ikan Toman

Ikan toman merupakan ikan predator yang memakan berbagai jenis makanan, termasuk ikan, crustacea, dan udang. Beberapa jenis ikan toman juga dapat memakan daging burung, reptil, atau mamalia kecil.

Pada umumnya ikan toman di alam liar akan memakan ikan-ikan kecil yang hidup di dekatnya, serta crustacea seperti udang dan kepiting. Ikan toman juga dikenal sebagai ikan yang agresif dan mampu mengejar ikan lain hingga sangat jauh. Beberapa jenis ikan toman juga dapat memakan ikan yang sama ukurannya dengan mereka sendiri, atau bahkan lebih besar.

Sedangkan jika ikan toman dalam budidaya, makanannya akan diberikan sesuai dengan jenis dan ukurannya, biasanya dengan menggunakan makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti daging ikan, udang, atau crustacea yang dihaluskan dan dibentuk menjadi pelet. Selain itu juga bisa diberikan daging dari daging hewan lain yang diolah khusus untuk ikan toman.

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam memberikan makanan pada ikan toman adalah memberikan jumlah yang cukup sesuai dengan ukuran ikan dan jangan memberikan makan terlalu banyak, karena dapat mengakibatkan masalah pada kesehatan ikan.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.