Harga ikan Nila 1 Kg

2 January 2023

Harga ikan Nila 1 Kg

Harga ikan Nila 1 Kg – Jenis ikan yang berasal dari Asia Tenggara dan dikenal juga dengan nama ikan Nila Merah atau Tilapia Merah. Ikan ini umumnya hidup di air tawar dan memiliki ukuran yang cukup besar, dengan panjang tubuh yang bisa mencapai 60 cm dan berat hingga 4 kg. Ikan Nila merupakan ikan yang sangat berguna bagi manusia, karena memiliki nilai gizi yang tinggi dan dapat diolah menjadi berbagai masakan yang enak.

Selain itu, ikan Nila juga merupakan salah satu jenis ikan yang mudah dibudidayakan, sehingga banyak dikembangkan sebagai salah satu sumber protein hewani yang penting bagi kebutuhan manusia.

Ikan nila merupakan sumber protein yang baik dan juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya, termasuk lemak sehat, kalsium, fosfor, vitamin B12, dan selenium. Ikan nila juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Jika diolah dengan benar, ikan nila dapat menjadi pilihan makanan yang sehat dan bergizi.

Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam ikan nila (berdasarkan 100 gram ikan nila segar, mentah):

  • Protein: 19,8 gram
  • Lemak: 3,1 gram
  • Kalsium: 30 mg
  • Fosfor: 200 mg
  • Vitamin B12: 2,6 µg
  • Selenium: 20 µg
  • Asam lemak omega-3: 0,5 gram

Harap dicatat bahwa kandungan gizi dapat bervariasi tergantung pada cara memasak ikan nila, seperti cara mengolahnya dan apakah ikan tersebut dipanggang, dibakar, atau diolah dengan cara lain.

 

Daftar Harga ikan Nila 1 Kg Hari ini

berikut ini perkiraan harga ikan nila 1 kg di pasar hari ini :

 

Daerah Harga Ikan Nila per Kg
Jawa Barat Rp32.000
Magelang Rp31.000
Medan Rp34.000
Bali Rp35.000
Makassar Rp37.000
Sulawesi Utara Rp36.000
Tasikmalaya Rp35.500
Pekanbaru Rp36.300
Lampung Rp42.000
Depok Rp41.000
Kalimantan Timur Rp45.000
Tangerang Rp42.000
Jakarta Rp47.000

 

Ciri ciri ikan Nila

ikan yang memiliki beberapa ciri khas, di antaranya:

  1. Memiliki tubuh yang panjang dan ramping, dengan warna dasar putih atau keperakan.
  2. Memiliki sirip yang panjang dan bervariasi warna, bisa hijau, merah, atau ungu.
  3. Memiliki mata yang besar dan bulat.
  4. Biasanya terdapat tanda-tanda garis-garis hitam di sepanjang tubuhnya.
  5. Dapat ditemukan di daerah perairan yang ramai, seperti sawah, danau, atau sungai yang deras.

 

Apa keunikan ikan nila?

Ikan ini memiliki beberapa keunikan, di antaranya:

  • Memiliki warna yang menarik, Ikan nila memiliki warna yang cukup menarik, yaitu kebiruan dengan bercak-bercak hitam di bagian tubuhnya.
  • Banyak dimanfaatkan, Ikan nila banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, baik sebagai ikan pangan maupun untuk keperluan budidaya.
  • Harganya cukup tinggi, Ikan nila memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran, terutama jika dibandingkan dengan jenis ikan lain yang serupa.
  • Memiliki ukuran yang cukup besar, Ikan nila dapat tumbuh hingga panjang 70 cm dengan berat hingga 5 kg.
  • Memiliki kemampuan reproduksi yang baik, Ikan nila memiliki kemampuan reproduksi yang cukup baik, sehingga dapat menghasilkan banyak telur dan mempercepat proses pertumbuhannya.

 

Resep ikan Bakar Nila

Untuk membuat Resep ikan Bakar Nila, pertama-tama Anda perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 1 ekor ikan nila, kurang lebih 500 gram
  • 2 sdm kecap ikan
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdm minyak goreng

Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Bersihkan ikan nila, kemudian potong-potong sesuai selera.
  2. Campur kecap ikan, garam, gula pasir, dan merica bubuk dalam wadah. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Lumuri ikan dengan bumbu yang telah dicampur tadi, kemudian diamkan selama 15-20 menit.
  4. Preheat grill pan atau barbeque hingga panas.
  5. Tuang minyak goreng di atas grill pan atau barbeque, kemudian letakkan ikan di atasnya.
  6. Grill ikan hingga matang, kemudian angkat dan sajikan selagi hangat.

 

Cara Budidaya ikan Nila

proses pertanian ikan nila dengan tujuan untuk memperoleh hasil panen yang maksimal. Ini dapat dilakukan di kolam budidaya atau di tempat lain seperti tambak atau kolam terpal. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam budidaya ikan nila, termasuk pemilihan lokasi yang tepat, kondisi air yang baik, pakan yang tepat, dan pengendalian hama dan penyakit. Jika dilakukan dengan benar, budidaya ikan nila dapat menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan bagi petani.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memulai budidaya ikan nila:

  1. Persiapkan tempat budidaya yang sesuai. Anda dapat menggunakan kolam, tambak, atau akuarium. Pastikan bahwa tempat budidaya memiliki cukup air, sinar matahari, dan sirkulasi udara yang baik.
  2. Pilih jenis ikan nila yang sesuai dengan kondisi budidaya yang Anda miliki. Beberapa jenis ikan nila yang populer untuk dibudidayakan di Indonesia adalah ikan nila merah, ikan nila hitam, dan ikan nila irian.
  3. Sediakan pakan yang sesuai untuk ikan nila. Ikan nila adalah jenis ikan omnivora, sehingga dapat mengonsumsi berbagai jenis pakan, seperti pelet, keringat, atau pakan nabati.
  4. Pastikan bahwa kualitas air di tempat budidaya selalu baik. Ikan nila membutuhkan air yang bersih dan segar, sehingga perlu dilakukan pembersihan rutin pada tempat budidaya.
  5. Segera lakukan pengendalian hama dan penyakit. Hama dan penyakit dapat menyebabkan kematian pada ikan nila, sehingga perlu dilakukan pengendalian secara rutin.
  6. Lakukan pemeliharaan secara rutin. Hal ini termasuk memastikan bahwa pakan yang diberikan cukup, kualitas air tetap baik, dan ikan nila sehat.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.