Harga ikan Gurame Per Kg

24 January 2023

Harga ikan Gurame Per Kg

Harga ikan Gurame Per Kg – Jenis ikan air tawar yang terdapat di Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Ikan ini biasanya ditemukan di sungai, danau, dan rawa yang terdapat di daerah tersebut. Ikan Gurame memiliki tubuh yang besar dan kuat, dengan sisik yang tebal dan kulit yang licin. Ikan ini dikenal dengan cita rasanya yang lezat, sehingga sering dijadikan sebagai bahan makanan di beberapa daerah di Indonesia. Ikan Gurame juga sering dijadikan sebagai ikan hias di akuarium.

Ikan gurame dapat menjadi lebih mahal daripada ikan lainnya karena beberapa alasan. Pertama, ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan yang populer di Asia, terutama di Indonesia, Jepang, dan China. Hal ini menyebabkan permintaan terhadap ikan gurame cukup tinggi, sehingga harganya dapat lebih mahal daripada ikan lainnya.

Kedua, proses pembesaran ikan gurame cukup rumit dan membutuhkan banyak waktu. Ikan gurame membutuhkan pakan yang berkualitas tinggi dan perawatan yang baik untuk tumbuh dengan baik, sehingga biaya pemeliharaannya cukup tinggi.

Ketiga, ikan gurame dikenal memiliki tekstur daging yang lezat dan mengandung banyak protein, sehingga menjadi salah satu pilihan makanan yang disukai oleh banyak orang. Hal ini juga menyebabkan harga ikan gurame cenderung lebih tinggi daripada ikan lainnya.

Keempat, ikan gurame merupakan salah satu ikan yang dapat dibudidayakan dengan cara aquaculture atau budidaya air, sehingga tidak tergantung pada keberadaan ikan gurame di alam liar. Namun, proses budidaya ikan gurame juga membutuhkan biaya yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan harga ikan gurame lebih mahal daripada ikan lainnya.

Jadi, kombinasi dari permintaan yang tinggi, biaya pemeliharaan yang tinggi, tekstur daging yang lezat, dan proses budidaya yang rumit adalah beberapa alasan mengapa ikan gurame dapat lebih mahal daripada ikan lainnya.

 

Daftar Harga ikan Gurame Per Kg

Berikut ini beberapa jenis dan perkiraan Harga ikan Gurame Per Kg terbaru :

 

Jenis Ikan Gurame Harga Ikan Per Kg
Harga Ikan Gurame Soang Rp. 46.000 – Rp.61.000
Harga Ikan Gurame Blaster Rp.52.000 – Rp.64.000
Harga Ikan Gurame Kapas Rp.37.000 – Rp.47.000
Harga Ikan Gurame Jepun Rp.42.000 – Rp.43.000
Harga Ikan Gurame Paris Rp.55.500 – Rp.68.000
Harga Ikan Gurame Blue Safir Rp.57.000 – Rp.63.000
Harga Ikan Gurame Padang Rp.63.000 – Rp.77.000

 

Resep ikan gurame padang

Untuk membuat ikan gurame padang, Anda akan membutuhkan:

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ikan gurame, dipotong-potong sesuai selera
  • 2 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 5 lembar daun salam
  • 2 lembar daun kunyit
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdm minyak goreng
  • Air secukupnya

Jika Anda ingin menambahkan rasa yang lebih kuat, Anda juga dapat menambahkan bumbu-bumbu seperti cabe merah, cabe rawit, atau bawang putih ke dalam tumisan bumbu. Anda juga dapat menambahkan sayuran seperti wortel, kacang polong, atau kacang panjang untuk memberikan tekstur dan rasa yang lebih segar ke dalam masakan ini. Jika Anda suka pedas, Anda juga dapat menambahkan sambal atau saus cabai ke dalam masakan ini untuk memberikan rasa yang lebih pedas.

 

Cara Budidaya ikan Gurame

Budidaya ikan gurame merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memelihara ikan gurame secara intensif dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dalam menjalankan budidaya ikan gurame:

  1. Persiapkan tempat budidaya ikan gurame. Anda dapat menggunakan kolam atau tambak yang cukup besar, terutama jika Anda ingin menjalankan budidaya ikan gurame secara intensif. Pastikan tempat tersebut memiliki cukup sinar matahari, terlindung dari hujan dan angin kencang, serta terhindar dari polusi.
  2. Persiapkan bibit ikan gurame. Anda dapat membeli bibit ikan gurame di pasar ikan atau toko ikan. Pastikan bibit yang Anda beli sehat dan berkualitas. Jumlah bibit yang dibutuhkan tergantung pada luas tempat budidaya yang Anda miliki.
  3. Persiapkan pakan ikan gurame. Ikan gurame dapat diberi pakan berupa ikan, udang, atau pakan ikan komersial. Pastikan pakan tersebut berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi ikan gurame.
  4. Rawat ikan gurame dengan baik. Pastikan ikan gurame selalu mendapat cukup oksigen, karena ikan gurame memerlukan oksigen yang cukup untuk bertahan hidup. Selain itu, jaga kebersihan tempat budidaya dengan rutin menyedot sampah yang ada di dasar kolam atau tambak.
  5. Jual ikan gurame yang sudah terlepas. Setelah ikan gurame cukup besar dan sehat, Anda dapat menjualnya ke pasar ikan atau kepada pembeli yang tertarik. Pastikan untuk menjual ikan gurame dengan harga yang sesuai dengan kualitas ikan tersebut.

Demikianlah beberapa langkah dasar dalam budidaya ikan gurame. Selamat mencoba dan praktekan!

 

Demikian informasi harga ikan gurame per kilo semoga bermanfaat.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.