Informasi Harga Hebel Per Biji dan Per Kubik

10 January 2023

Harga Hebel Per Biji

Harga Hebel Per Biji – Bata Hebel adalah sebuah jenis bata yang dibuat dengan menggunakan mesin press. Bata Hebel memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan bata konvensional yang dibuat dengan cara dibakar. Beberapa kelebihan bata Hebel antara lain:

Kualitas bahan yang lebih baik

Bata Hebel dibuat dengan menggunakan bahan yang lebih baik dan lebih homogen dibandingkan dengan bata konvensional, sehingga memiliki kualitas yang lebih baik.

Ukuran yang konsisten

Bata Hebel memiliki ukuran yang sama dan konsisten, sehingga memudahkan proses pemasangan dan meningkatkan estetika dari dinding yang dibangun.

Lebih ringan

Bata Hebel lebih ringan dibandingkan dengan bata konvensional, sehingga memudahkan proses pemasangan dan mengurangi beban pada struktur bangunan.

Lebih cepat dalam proses produksi

Bata Hebel dapat diproduksi lebih cepat dibandingkan dengan bata konvensional yang dibakar, sehingga dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam proses pembangunan.

Lebih hemat biaya

Karena proses produksi bata Hebel lebih cepat, maka dapat mengurangi biaya produksi dibandingkan dengan bata konvensional.

Lebih tahan air

Bata hebel memiliki kualitas yang baik dalam mengeluarkan air, sehingga meminimalisir terjadinya kebocoran pada bangunan.

 

Harga Hebel Per Biji

Berikut update Harga Hebel Per Biji hari ini adalah Untuk Ukuran 10 x 20 x 60 cm. Harga 10,500 per biji.

 

Jenis Ukuran Hebel

Ukuran bata hebel dapat bervariasi tergantung pada pabrik atau produsen yang memproduksinya. Namun, umumnya, ukuran bata hebel dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Ukuran standar

Ukuran standar bata hebel adalah ukuran yang paling umum digunakan dalam pembangunan. Ukuran ini dapat bervariasi tergantung pada negara atau daerah, namun umumnya sekitar 190mm x 90mm x 90mm.

2. Ukuran khusus

Ukuran khusus bata hebel adalah ukuran yang ditentukan berdasarkan kebutuhan khusus pembangunan, seperti untuk pekerjaan finishing atau dekorasi. Ukuran ini dapat lebih kecil atau lebih besar dari ukuran standar.

Selain itu, ada juga bata hebel dengan ukuran yang dirancang khusus yaitu ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar yang berbeda, biasanya digunakan dalam proyek-proyek yang membutuhkan ukuran khusus yang tidak tersedia di ukuran standar.

Perlu diingat bahwa dalam proses pembangunan, pemilihan ukuran bata yang tepat sangat penting karena akan mempengaruhi estetika dan kualitas dari dinding yang dibangun serta menentukan jumlah bata yang dibutuhkan. Oleh karena itu, sebaiknya menyesuaikan ukuran bata dengan kebutuhan dan desain bangunan yang akan dibangun.

 

1 kubik hebel berapa meter ?

1 kubik (m³) merupakan satuan ukuran volume yang sama dengan 1 meter kubik (m³). Dalam pembangunan, 1 kubik hebel (atau 1 meter kubik hebel) adalah jumlah bata hebel yang dapat menempati volume 1 meter kubik. Jadi jika Anda membeli 1 kubik bata hebel, itu berarti Anda membeli jumlah bata yang dapat menempati volume 1 meter kubik.

Namun, jumlah fisik bata yang Anda peroleh dalam 1 kubik bata hebel akan tergantung pada ukuran bata yang Anda pakai. Ukuran standar bata hebel sekitar 190mm x 90mm x 90mm, jika digunakan dengan ukuran tersebut, 1 kubik bata hebel akan memiliki jumlah bata sekitar 707 batu. Namun jika digunakan dengan ukuran yang berbeda, jumlah bata yang didapat akan berbeda pula.

Perlu diingat bahwa jumlah bata yang dibutuhkan dalam proyek pembangunan tidak hanya tergantung pada volume yang dibutuhkan saja, tetapi juga tergantung pada desain dinding, pemasangan bata, dan jenis bahan yang digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya menghitung jumlah bata yang dibutuhkan dengan cermat dan sesuai dengan spesifikasi proyek pembangunan yang akan dikerjakan.

 

Bahan Hebel

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan bata hebel adalah tanah liat yang digiling dan dicampur dengan air hingga tercampur rata. Kemudian campuran tersebut di masukkan ke dalam mesin press yang akan membuat bata hebel dengan ukuran yang sama dan konsisten.

Selain tanah liat, ada beberapa bahan tambahan yang dapat ditambahkan pada campuran tanah liat untuk meningkatkan kualitas bata hebel, seperti :

  1. Pasir – Pasir digunakan untuk meningkatkan kekuatan mekanis bata hebel.
  2. Fly ash – Fly ash yang berasal dari industri pembangkit listrik, dapat digunakan untuk meningkatkan sifat fisik dan kimia bata hebel
  3. Fiber – Fiber digunakan untuk meningkatkan kualitas kuat tekan dan mengurangi retak pada bata hebel
  4. Gypsum – Gypsum digunakan untuk meningkatkan kualitas daya serap air bata hebel

Namun, kualitas bahan yang digunakan akan sangat mempengaruhi kualitas dari produk bata hebel yang dihasilkan. Oleh karena itu, perlu menggunakan bahan berkualitas tinggi agar produk bata hebel yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik.

 

Cara Pasang Batu Hebel

Cara pemasangan bata hebel sama seperti pemasangan bata konvensional, namun memiliki beberapa perbedaan. Beberapa langkah dasar yang dapat dilakukan dalam pemasangan bata hebel adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan dasar. Persiapkan dasar yang akan dibangun dengan bata hebel dengan baik, seperti membersihkan area, mengukur dan meratakan tanah.
  • Menyiapkan mortar. Siapkan mortar dengan campuran semen, pasir, dan air sesuai dengan perbandingan yang ditentukan. Jika perlu, tambahkan bahan tambahan seperti fiber atau plester untuk meningkatkan kualitas dinding.
  • Membuat dudukan. Buat dudukan untuk bata hebel dengan mengambil beberapa sendok bahan mortarnya untuk ditempatkan di dasar sebagai dudukan.
  • Pemasangan bata. Pasang bata hebel dengan cara meletakkannya pada dudukan yang telah dibuat, lalu tekan bata hebel dengan lembut untuk menempelkan bata dengan baik pada mortar.
  • Penyelesaian. Selesaikan pemasangan bata dengan mengisi celah-celah yang ada dengan mortar, kemudian dikerok dengan menggunakan alat kerok. Sebaiknya diamkan beberapa saat agar mortar kering, kemudian bersihkan permukaan dinding dari mortar yang melekat.
  • Pengecatan. Jika sudah kering, dinding bata hebel dapat dicat atau diplester sesuai dengan keinginan.

Perlu diingat bahwa pemasangan bata hebel harus dilakukan dengan hati-hati dan benar agar dapat menghasilkan dinding yang rata dan kokoh. Selain itu, perlu juga diperhatikan ukuran dan jenis bata yang digunakan sesuai dengan spesifikasi proyek yang dikerjakan.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.