Informasi Harga Filter Oli Merk Daihatsu

1 January 2024

Harga Filter Oli – Komponen penting dalam sistem pelumasan mesin kendaraan yang berfungsi untuk menyaring kotoran, partikel, dan bahan-bahan lain yang dapat mencemari oli mesin. Filter oli dapat membantu menjaga kualitas oli dan meningkatkan kinerja mesin dengan memastikan bahwa oli bersih dan bebas dari partikel-partikel yang dapat mengikis atau merusak bagian dalam mesin.

Filter oli biasanya terbuat dari kertas, serat, atau bahan sintetis yang rapat dan berpori untuk menangkap partikel-partikel kecil dan kotoran dari oli. Filter oli harus diganti secara teratur sesuai dengan jadwal perawatan kendaraan agar dapat terus berfungsi dengan baik dan menjaga kesehatan mesin kendaraan Anda.

 

Daftar Harga Filter Oli

Berikut Harga Filter Oli Toyota Avanza 15601 – 87702 adalah 23.500 silahkan cek disini

Harga Filter Oli

Manfaat Filter Oli

Filter oli memiliki beberapa manfaat penting bagi kinerja mesin kendaraan, antara lain:

Menjaga kualitas oli

Filter oli membantu menjaga kualitas oli mesin dengan menyaring partikel-partikel kecil dan kotoran dari oli. Dengan menjaga kualitas oli, maka mesin kendaraan dapat beroperasi dengan lebih baik dan awet.

Mencegah keausan mesin

Partikel-partikel kecil dan kotoran dalam oli mesin dapat mengikis atau merusak bagian dalam mesin. Dengan menggunakan filter oli yang bersih dan berfungsi dengan baik, maka partikel-partikel dan kotoran dapat disaring dan tidak merusak mesin.

Menjaga kinerja mesin

Filter oli yang bersih dan berfungsi dengan baik dapat membantu menjaga kinerja mesin kendaraan dengan menghindari pengendapan partikel-partikel dan kotoran yang dapat menghambat aliran oli dan kinerja mesin.

Menjaga efisiensi bahan bakar

Oli mesin yang bersih dan bebas dari partikel-partikel dan kotoran dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan mengurangi gesekan dan keausan pada mesin kendaraan.

Meningkatkan masa pakai mesin

Dengan menjaga kualitas oli mesin dan mencegah kerusakan mesin, filter oli dapat membantu meningkatkan masa pakai mesin kendaraan dan mengurangi biaya perbaikan atau penggantian bagian mesin.

 

Apa yang terjadi jika filter oli tidak diganti ?

Jika filter oli tidak diganti secara teratur, maka partikel-partikel kecil dan kotoran yang terperangkap dalam filter dapat menumpuk dan menghalangi aliran oli di dalam mesin kendaraan. Hal ini dapat mengakibatkan beberapa masalah, antara lain:

  1. Menurunnya kinerja mesin, Jika filter oli tersumbat, maka aliran oli ke bagian-bagian mesin dapat terhambat. Hal ini dapat mengakibatkan gesekan yang lebih tinggi dan meningkatkan suhu mesin, sehingga kinerja mesin menjadi menurun.
  2. Penurunan efisiensi bahan bakar, Ketika aliran oli terhambat, mesin kendaraan akan bekerja lebih keras untuk bergerak, yang pada gilirannya akan mengurangi efisiensi bahan bakar dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.
  3. Kerusakan mesin, Partikel-partikel kecil dan kotoran yang terperangkap dalam filter oli dapat mengikis atau merusak bagian dalam mesin. Jika filter oli tidak diganti, maka partikel dan kotoran akan terus menumpuk dan dapat merusak bagian-bagian mesin seperti poros engkol, bearing, dan sebagainya.
  4. Pemakaian oli lebih cepat, Ketika filter oli tidak berfungsi dengan baik, maka partikel-partikel dan kotoran dalam oli akan tetap ada dan menyebabkan kualitas oli menurun. Ini dapat menyebabkan oli lebih cepat terkikis dan memerlukan pergantian lebih sering.

Jadi, sangat penting untuk mengganti filter oli secara teratur sesuai dengan jadwal perawatan kendaraan agar dapat terus menjaga kesehatan mesin kendaraan Anda dan menghindari masalah yang tidak diinginkan.

 

Berapa lama filter oli harus diganti?

Jangka waktu penggantian filter oli dapat bervariasi tergantung pada jenis kendaraan, kondisi lingkungan tempat kendaraan digunakan, serta jumlah dan jenis oli yang digunakan. Umumnya, produsen kendaraan merekomendasikan untuk mengganti filter oli setiap 5.000-10.000 kilometer atau setiap 6 bulan, tergantung pada mana yang lebih dulu tercapai.

Namun, bila kendaraan Anda digunakan dalam kondisi lingkungan yang sangat berdebu atau berminyak, atau digunakan dalam keadaan yang sangat berat, maka filter oli mungkin harus diganti lebih sering, misalnya setiap 3.000-5.000 kilometer. Selain itu, bila kendaraan Anda dilengkapi dengan sistem pelumasan mesin yang lebih canggih, seperti filter oli berteknologi tinggi atau filter oli magnetik, maka jangka waktu penggantian filter oli mungkin bisa lebih lama.

Penting untuk selalu memeriksa jadwal perawatan kendaraan dalam buku manual dan mengikuti rekomendasi produsen kendaraan untuk mengganti filter oli dengan tepat waktu. Jangan lupa untuk memeriksa filter oli secara berkala pada saat pergantian oli, dan jika filter oli terlihat kotor atau rusak, segera ganti dengan yang baru untuk mencegah kerusakan pada mesin kendaraan Anda.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.