Informasi Harga Burung Sogok Ontong

1 March 2023

Harga Burung Sogok Ontong

Harga Burung Sogok Ontong – Burung Sogok Ontong (Centropus sinensis) adalah burung pengicau yang terdapat di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan, termasuk di Indonesia. Burung ini memiliki tubuh yang panjang dan ramping, dengan kepala dan ekor yang proporsional. Burung Sogok Ontong dikenal dengan suaranya yang khas dan nyaring, dan sering dijadikan burung piaraan karena keindahannya.

Makanan utama burung ini adalah serangga, katak, dan hewan kecil lainnya yang hidup di dalam rumput atau semak belukar. Burung Sogok Ontong juga memiliki peran penting dalam ekosistem karena membantu mengendalikan populasi serangga dan hewan kecil di habitatnya.

 

Harga Burung Sogok Ontong

untuk informasi Harga Burung Sogok Ontong adalah

 

Jenis Burung Sogok Ontong Kisaran Harga
Sogok Ontong Bangkalan IDR 70.000 – 80.000
Sogok Ontong Betina IDR 25.000 – 40.000
Sogok Ontong Jantan IDR 45.000 – 70.000
Sogok Ontong Trotolan IDR 55.000 – 85.000

 

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari burung Sogok Ontong:

Ukuran tubuh yang panjang

Burung Sogok Ontong memiliki ukuran tubuh yang panjang, dengan panjang tubuh mencapai sekitar 40 cm hingga 50 cm, serta berat sekitar 200 gram hingga 250 gram.

Warna bulu

Burung Sogok Ontong memiliki bulu yang dominan berwarna hitam dengan warna putih di bagian perut dan ekor. Terdapat juga warna hijau kebiruan di kepala dan leher burung jantan.

Bentuk paruh

Paruh burung Sogok Ontong memanjang dan ramping, serta berwarna hitam.

Suara khas

Burung Sogok Ontong dikenal memiliki suara khas yang nyaring dan bervariasi, dengan pola panggilan yang berbeda-beda tergantung pada situasi dan keadaan.

Gerakan cepat

Burung Sogok Ontong memiliki gerakan cepat dan lincah saat mencari makan di bawah semak atau rumput, atau saat berlari di atas tanah.

Hidup di semak belukar

Burung Sogok Ontong merupakan jenis burung yang hidup di semak belukar atau hutan yang lebat, dan dapat ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan, termasuk di Indonesia.

 

Fakta Burung Sogok Ontong

beberapa fakta menarik mengenai burung Sogok Ontong:

  1. Burung Sogok Ontong termasuk dalam keluarga Centropodidae, dan terdapat sekitar 32 spesies burung yang termasuk dalam keluarga yang sama.
  2. Burung Sogok Ontong merupakan burung yang pandai berlari dan terbang, serta memiliki kemampuan untuk berenang jika diperlukan.
  3. Burung Sogok Ontong sering dijadikan burung piaraan karena keindahan dan suaranya yang merdu, terutama di beberapa negara di Asia Tenggara.
  4. Burung Sogok Ontong merupakan hewan pemakan serangga dan hewan kecil, dan sering memakan serangga seperti belalang, ulat, jangkrik, dan laba-laba.
  5. Burung Sogok Ontong dikenal sebagai predator alami bagi beberapa hewan seperti ular dan tikus, sehingga membantu mengendalikan populasi hewan-hewan tersebut di habitatnya.
  6. Burung Sogok Ontong merupakan salah satu burung pengicau yang dikenal dengan suaranya yang khas dan merdu, dan sering diikutsertakan dalam lomba burung kicau di Indonesia.
  7. Burung Sogok Ontong dapat hidup sendirian atau dalam kelompok kecil, dan biasanya bersarang di semak atau rumput yang tinggi di dekat air atau di daerah yang lebat.
  8. Burung Sogok Ontong seringkali dianggap sebagai burung yang membawa keberuntungan atau nasib baik dalam beberapa budaya, dan sering dihubungkan dengan keberhasilan dalam bisnis atau keuangan.

 

Makanan Burung Sogok Ontong

Burung Sogok Ontong adalah hewan pemakan serangga dan hewan kecil lainnya. Berikut adalah beberapa makanan yang biasa dimakan oleh burung Sogok Ontong:

  • Serangga, Burung Sogok Ontong sangat menyukai serangga, seperti belalang, ulat, jangkrik, belatung, capung, lebah, semut, dan lain-lain. Mereka biasanya mencari makanan ini di antara semak-semak atau rumput yang tinggi.
  • Hewan kecil, Selain serangga, burung Sogok Ontong juga memakan hewan kecil lainnya seperti katak, ular kecil, kadal, cecak, dan hewan kecil lainnya yang hidup di dalam rumput atau semak belukar.
  • Buah-buahan, Burung Sogok Ontong juga kadang-kadang memakan buah-buahan yang lewat di dekatnya, seperti buah-buahan yang jatuh dari pohon.
  • Telur burung, Burung Sogok Ontong kadang-kadang juga memakan telur burung dari spesies lain, meskipun hal ini jarang terjadi.

Makanan utama burung Sogok Ontong adalah serangga dan hewan kecil lainnya, dan mereka biasanya mencari makanan ini di bawah semak atau di antara rumput yang tinggi. Karena burung Sogok Ontong adalah predator alami bagi beberapa hewan, mereka memainkan peran penting dalam mengendalikan populasi serangga dan hewan kecil di habitatnya.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.