Informasi Harga Burung Puter Lokal

1 January 2024

Harga Burung Puter Lokal

Harga Burung Puter Lokal – jenis burung yang dikenal juga dengan nama Burung Merpati Lokal atau Burung Merpati Putih Lokal. Burung ini adalah hasil domestikasi dari burung merpati liar yang ada di Indonesia. Burung Puter Lokal memiliki ciri-ciri tubuh yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan merpati domestikasi yang berasal dari luar negeri. Bulu burung Puter Lokal berwarna putih bersih, dengan mata yang gelap, paruh kecil, dan kaki berwarna merah muda.

Burung Puter Lokal sering dijadikan burung hias dan burung balap di Indonesia. Burung ini juga dipercaya oleh sebagian orang memiliki nilai estetika yang tinggi, sehingga sering ditampilkan pada berbagai acara dan festival seperti Pameran Burung dan Lomba Burung. Selain itu, burung ini juga sering digunakan untuk kepentingan ritual atau keagamaan.

Namun, meskipun populer, Burung Puter Lokal yang hidup di alam liar telah mengalami penurunan populasi dan terancam punah. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya konservasi dan pengelolaan yang tepat untuk menjaga keberlangsungan hidup burung ini di alam liar.

 

Harga Burung Puter Lokal

untuk daftar Harga Burung Puter Lokal adalah

 

Jenis Burung Puter & Usia Kisaran Harga
Burung Puter Lokal Dewasa IDR 175.000
Burung Puter Pelung Dewasa IDR 510.000
Burung Puter Gocar Dewasa IDR 520.000
Burung Puter Gocar Siap Kontes Dewasa IDR 1.100.000
Burung Puter Putih Dewasa IDR 250.000
Burung Puter Putih Pelung Dewasa IDR 720.000
Burung Puter Geni Dewasa IDR 110.000
Burung Puter Irak Dewasa IDR 155.000

 

Jenis Burung Puter

Burung Puter merujuk pada kelompok burung merpati yang mempunyai ciri khas pada penerbangan dan penampilannya, yang dijadikan sebagai hobi balap atau hiasan. Berikut adalah beberapa jenis burung puter yang populer di Indonesia:

Burung Puter Lokal

Merupakan hasil domestikasi dari burung merpati liar yang ada di Indonesia. Burung Puter Lokal memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih kecil dari jenis burung merpati lainnya.

Burung Puter Jalu

Merupakan jenis burung puter yang berasal dari Madura, Jawa Timur. Burung ini dikenal dengan ciri khas memiliki paruh yang panjang dan kaki yang pendek. Burung Puter Jalu juga memiliki kecepatan dan stamina yang baik saat digunakan untuk balap.

Burung Puter Batak

Merupakan jenis burung puter yang berasal dari Sumatra Utara. Burung ini dikenal dengan ukuran tubuhnya yang besar dan memiliki sayap yang panjang. Burung Puter Batak juga memiliki kecepatan dan stamina yang baik saat digunakan untuk balap.

Burung Puter Bali

Merupakan jenis burung puter yang berasal dari Bali. Burung ini dikenal dengan ciri khas memiliki paruh yang pendek dan bentuk tubuh yang ramping. Burung Puter Bali juga memiliki kecepatan dan stamina yang baik saat digunakan untuk balap.

Burung Puter Jawa

Merupakan jenis burung puter yang berasal dari Jawa. Burung ini dikenal dengan ukuran tubuh yang sedang dan ciri khas sayap yang lebar. Burung Puter Jawa juga memiliki kecepatan dan stamina yang baik saat digunakan untuk balap.

Itulah beberapa jenis burung puter yang populer di Indonesia. Meskipun burung puter sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau untuk hobi balap, perlu diingat bahwa burung-burung ini adalah makhluk hidup yang membutuhkan perawatan yang baik dan pengelolaan yang tepat.

 

Ciri Ciri Burung Puter

beberapa ciri-ciri umum dari burung Puter:

  1. Tubuh, Burung Puter memiliki tubuh yang ramping, bulat, dan berukuran sedang. Bulu-bulunya umumnya berwarna putih, dengan bulu-bulu sayap dan ekor yang panjang.
  2. Sayap, Sayap burung Puter cukup lebar dan kuat, sehingga mampu mengepak dengan cepat dan menghasilkan penerbangan yang indah.
  3. Kepala, Kepala burung Puter umumnya berukuran kecil, dengan paruh yang pendek dan kaki yang panjang.
  4. Suara, Burung Puter umumnya tidak memiliki suara kicauan yang indah, namun mampu mengeluarkan suara-suara khas seperti suara terbang, suara mengepakkan sayap, atau suara peluit saat terbang dengan cepat.
  5. Perilaku, Burung Puter terkenal dengan kecepatan dan ketangkasan dalam terbang, sehingga sering dijadikan hewan peliharaan untuk balap atau kepentingan hobi.
  6. Pola warna, Beberapa jenis burung Puter memiliki pola warna yang khas, seperti Burung Puter Jalu yang memiliki bulu hitam dan putih di bagian ekor.
  7. Makanan, Burung Puter umumnya memakan biji-bijian, seperti jagung dan kacang-kacangan, serta beberapa jenis buah-buahan.

Itulah beberapa ciri-ciri umum dari burung Puter. Namun, perlu diingat bahwa setiap jenis burung Puter dapat memiliki ciri-ciri yang khas dan berbeda-beda.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.