Harga Burung Murai Batu Anakan

1 January 2024

Harga Burung Murai Batu Anakan

Harga Burung Murai Batu Anakan – Burung Murai Batu memiliki tubuh yang proporsional dengan paruh yang cukup besar dan mata yang tajam. Bulu-bulunya berwarna hitam dengan bagian perut yang lebih cerah. Burung ini biasanya dapat ditemukan di hutan, kebun, taman kota, dan lingkungan terbuka lainnya.

Burung Murai Batu (Copsychus malabaricus) adalah salah satu jenis burung pengicau yang populer di Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara. Burung ini terkenal karena suaranya yang merdu dan kicauannya yang indah. Nama “Murai Batu” berasal dari bahasa Melayu, yang berarti “burung batu seruling”.

Di Indonesia, Burung Murai Batu banyak dipelihara sebagai burung hias atau burung kontes. Selain memiliki kicauan yang indah, burung ini juga memiliki postur yang cantik dan gerakan-gerakan yang memukau. Namun, karena populasinya yang semakin berkurang di alam liar, pemerintah Indonesia melarang perdagangan Burung Murai Batu dari alam liar sejak tahun 2014.

 

Daftar Harga Burung Murai Batu Anakan

Untuk update Harga Burung Murai Batu Medan gacor adalah 1.500.000 – 1.850.000

 

Cara Merawat Burung Murai Batu

beberapa tips dalam merawat burung Murai Batu:

1. Kandang atau sangkar

Kandang atau sangkar harus cukup besar dan memiliki ventilasi yang baik. Burung Murai Batu membutuhkan ruang untuk terbang dan beraktivitas. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan kandang secara teratur agar tetap bersih.

2. Pemberian makanan

Berikan makanan yang sehat dan bergizi untuk burung Murai Batu. Burung ini membutuhkan makanan yang mengandung protein tinggi seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kutu loncat. Anda juga dapat memberikan buah-buahan dan sayuran sebagai pelengkap.

3. Perawatan bulu

Burung Murai Batu membutuhkan perawatan bulu yang baik. Jangan biarkan bulu-bulunya kotor atau rusak, karena ini dapat mempengaruhi kesehatan dan penampilan burung. Berikan mandi kepada burung secara teratur dan berikan asupan makanan yang mengandung nutrisi untuk kesehatan bulu dan kulit.

4. Latihan dan interaksi

Burung Murai Batu sangat membutuhkan latihan dan interaksi. Berikan waktu untuk burung terbang dan bermain, serta berinteraksi dengan pemiliknya. Hal ini dapat membuat burung merasa senang dan sehat.

5. Pemeriksaan kesehatan

Pastikan burung Murai Batu mendapatkan perawatan medis yang diperlukan. Periksakan burung secara rutin ke dokter hewan untuk memastikan burung dalam keadaan sehat dan tidak terkena penyakit.

Dalam merawat burung Murai Batu, perlu diingat bahwa burung ini membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang konsisten. Pastikan Anda memiliki waktu dan kemampuan untuk merawat burung dengan baik sebelum memutuskan untuk memeliharanya.

 

Ciri Ciri Burung Murai Batu Medan

Burung Murai Batu Medan (Lalat Sari, Copsychus malabaricus heinrichi) adalah salah satu sub-spesies dari Burung Murai Batu yang berasal dari daerah Sumatera Utara, Indonesia. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri khas dari Burung Murai Batu Medan:

  1. Ukuran tubuh, Burung Murai Batu Medan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan sub-spesies Murai Batu lainnya. Ukuran tubuh jantan dewasa mencapai sekitar 18-20 cm dengan berat sekitar 70-90 gram.
  2. Warna bulu, Burung Murai Batu Medan memiliki bulu yang lebih pekat dan hitam mengkilap dengan warna putih pada bagian bawah tubuh. Selain itu, terdapat juga area warna putih pada bagian bawah sayap dan ekor.
  3. Bentuk kepala dan paruh, Kepala Murai Batu Medan berbentuk bulat dan paruhnya lebih besar dan tebal. Tampilan kepala dan paruh ini memberikan kesan wajah yang lebih besar dan gagah.
  4. Suara kicauan, Burung Murai Batu Medan memiliki suara kicauan yang khas dan merdu, dengan nada tinggi dan variasi kicauan yang kompleks.
  5. Sifat dan karakter, Burung Murai Batu Medan memiliki karakter yang lebih dominan dan agresif dibandingkan sub-spesies lainnya. Oleh karena itu, perlu perawatan yang ekstra hati-hati saat melatihnya agar tidak menjadi terlalu liar.

Itulah beberapa ciri-ciri khas dari Burung Murai Batu Medan. Meskipun memiliki perbedaan dengan sub-spesies lainnya, Murai Batu Medan tetap membutuhkan perawatan yang sama untuk tetap sehat dan memiliki suara kicauan yang indah.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.