Doa Nabi Yunus

Assalamuíalaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sahabat, sebagian besar dari kita tentu pernah mengalami cobaan dalam mengarungi kehidupan yang fana ini.

Sebagai seorang muslim yang baik hendak nya kita melakukan ikhtiar dan memanjatkan doa memohon pertolongan Allah SWT agar permasalahan kita cepat selesai.

Salah satu amalan doa di saat kita sedang tertimpa musibah adalah membaca Doa Nabi Yunus As atau dikenal juga dengan Dzuun Nuun.

Diriwayatkan Nabi Yunus pernah mengalami cobaan yang cukup berat saat beliau di telan ikan paus raksasa.

Saat berada di dalam perut ikan, beliau tidak henti henti nya membaca doa kepada Allah SWT meminta pertolongan agar diri nya di selamatkan dari perut ikan paus.

Nah bagi anda yang sedang mengalami masa sulit, tidak ada salah nya membaca Doa Nabi Yunus As agar mendapat pertolongan Allah SWT.

Doa Nabi Yunus

Bacaan Arab :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

لَا إِلَهَ إِلَا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمٍِيْنَ

Bacaan Latin :

“Laa ilaaha illa anta subhaanaka innii kuntu minazh-zhoolimiin”

Artinya :

“Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya.”

Doa Nabi Yunus

Keutamaan Doa Nabi Yunus :

Doa Nabi Yunus berisi pengakuan bahwa manusia tempat nya dosa dan salah, dan mengakui bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang maha Esa dan tiada yang layak di sembah kecuali dia.

Di bawah ini kita juga mencantumkan 3 keistimewaan dalam doa tersebut, yaitu :

  1. Pengakuan Tauhid, Yaitu mengakui dan percaya akan keagungan Allah SWT.
  2. Pengakuan dosa yang kita lakukan.
  3. Memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang kita miliki.

Keistimewaan Doa Nabi Yunus juga di abadikan di dalam Al – Quran, tepat nya di dalam Surat Al – Anbiya’ ayat 87 – 88.

(87) وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

(88) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ

Artinya :

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang zalim.”

Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. Al Anbiya’: 87-88)

Manfaat Membaca Doa Nabi Yunus :

Selain memiliki keutamaan, manfaat ketika seseorang membaca doa ini juga sangat luar biasa.

Nabi Muhammad SAW dalam sebuah riwayat pernah mengungkapkan betapa hebat nya doa ini, Rasulullah SAW bersabda :

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: “Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin”. (Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya).

Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.” (H.R. At-Tirmidzi).

Kapan Membaca Doa Nabi Yunus :

Doa Nabi Yunus sangat sering di baca oleh para ulama. Biasa nya beliau – beliau membaca doa ini 40 kali tanpa putus sehabis Sholat Subuh.

Ada juga yang membaca 1000 kali setiap hari, sebagai permohonan ampunan kepada Allah SWT, dan sebagai bekal di akhirat.

Tidak ada salah nya juga kita memanjatkan doa ini sehabis Sholat Tahajud di sepertiga malam, karena di waktu tersebut merupakan waktu yang sangat mustajab untuk memohon segala sesuatu kepada Allah SWT.

Semoga setelah melakukan ikhtiar dan memohon pertolongan Allah SWT dengan membaca doa ini, permasalahan kita satu persatu bisa segera selesai.

Aamiin Yaa Rabbal Alamin.

Sekian pembahasan kali ini apabila ada salah mohon maaf yang sebesar – besar nya.

Terima kasih.

Wassalamuíalaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dikta Ahmad
Manusia biasa yang ingin bermanfaat untuk banyak orang.