Dekorasi Tedak Siten Buatan Sendiri

1 June 2023

Dekorasi Tedak Siten Buatan SendiriSebuah tradisi upacara adat Jawa yang dilakukan untuk merayakan kelahiran anak pertama atau anak kedua yang berjenis kelamin laki-laki. Upacara ini biasanya dilakukan ketika bayi sudah berusia sekitar tiga bulan. Tedak Siten merupakan bagian dari adat istiadat Jawa yang memiliki makna filosofis dan religius.

Upacara Tedak Siten dilaksanakan dengan cara mengambil sejumput tanah dari pekarangan rumah, kemudian tanah tersebut diberi wangi dan diberikan doa oleh sesepuh atau orang yang dianggap memahami adat istiadat Jawa.

Setelah itu, orang tua bayi memegang bayi dan meletakkan kaki bayi di atas tanah yang telah diberi wangi tersebut. Hal ini dilakukan untuk menandakan bahwa bayi telah merengkuh tanah atau memiliki kedudukan di dunia ini.

Selain itu, upacara Tedak Siten juga dilengkapi dengan rangkaian adat seperti upacara doa, pembacaan kitab suci, pemberian nama bayi, pemberian seserahan, serta jamuan makan bersama keluarga dan kerabat dekat. Upacara ini biasanya diikuti oleh keluarga dan kerabat dekat, serta dihadiri oleh tamu undangan yang telah diundang sebelumnya.

 

Perlengkapan Tedak Siten

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang biasanya digunakan dalam upacara Tedak Siten:

  1. Tepak Sirih, Tepak Sirih adalah sebuah alat tradisional yang terbuat dari anyaman bambu atau kayu yang digunakan untuk menyimpan bahan-bahan sirih seperti daun sirih, kapur sirih, dan gambir. Tepak sirih juga dianggap sebagai lambang keharmonisan dalam keluarga.
  2. Sesaji, Sesaji adalah tatakan berupa daun pisang yang diisi dengan berbagai jenis makanan seperti nasi kuning, lauk pauk, dan buah-buahan. Sesaji dianggap sebagai tanda syukur kepada Tuhan atas kelahiran bayi.
  3. Kembang Setaman, Kembang Setaman adalah rangkaian bunga yang terbuat dari berbagai jenis bunga yang dihiasi dengan daun-daun dan lintingan rokok. Kembang setaman digunakan untuk mempercantik suasana dan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan.
  4. Kain Batik, Kain batik digunakan sebagai bahan untuk membungkus sesaji dan sebagai hiasan pada saat upacara Tedak Siten.
  5. Alat Shalat, Alat shalat seperti sajadah, mukena, dan Al-Quran digunakan untuk melaksanakan shalat pada saat upacara Tedak Siten.
  6. Baju Koko, Baju koko merupakan busana khas Jawa yang digunakan oleh anak laki-laki pada saat upacara Tedak Siten. Baju koko biasanya berwarna putih dengan model yang sederhana.
  7. Kendi Air, Kendi air digunakan untuk membasuh tangan dan kaki bayi sebelum melakukan upacara Tedak Siten.

Perlengkapan Tedak Siten ini dapat bervariasi tergantung pada daerah dan adat istiadat masing-masing. Namun, secara umum perlengkapan ini digunakan untuk memperindah suasana dan mempermudah pelaksanaan upacara Tedak Siten.

 

Apa keunikan dari tedak siten ?

beberapa keunikan dari tedak siten :

Penghormatan terhadap nenek moyang

Tedak siten dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur kepada nenek moyang yang telah memberikan kehidupan kepada kita. Oleh karena itu, tradisi ini juga disebut sebagai “mikul dhuwur mendhem jero” yang artinya mengangkat yang di atas ke bawah.

Melambangkan kesucian

Tedak siten melambangkan kesucian, kebersihan, dan keindahan. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan bahan-bahan yang dibersihkan dan dihiasi dengan bunga.

Simbol kebersamaan

Tedak siten juga menjadi simbol kebersamaan dan persatuan. Selain orang yang melakukan tedak siten, biasanya juga melibatkan beberapa anggota keluarga dan sahabat yang membantu dalam persiapan upacara.

Berkaitan dengan agama

Tedak siten juga berkaitan dengan ajaran agama Hindu-Buddha yang banyak dipraktikkan oleh masyarakat Jawa pada masa lalu.

Dianggap sebagai bentuk doa

Tedak siten juga dianggap sebagai bentuk doa untuk memohon keselamatan, kesehatan, dan keberkahan bagi orang yang melakukan dan keluarga serta lingkungannya.

Mempertahankan tradisi

Tedak siten menjadi salah satu upaya dalam mempertahankan keberadaan tradisi dan budaya yang ada di Indonesia, khususnya di Jawa.

Dalam keseluruhan, Tedak siten menjadi bukti bahwa masyarakat Jawa sangat menghargai tradisi dan kebudayaan serta berupaya mempertahankan dan melestarikannya.

 

Contoh Dekorasi Tedak Siten Buatan Sendiri

Perlengkapan Tedak Siten Sederhana

Perlengkapan Tedak Siten Sederhana
Perlengkapan Tedak Siten Sederhana | Source: sarijelitafloristponorogo.blogspot.com

 

Contoh Hiasan Kurungan Tedak Siten

Contoh Hiasan Kurungan Tedak Siten
Contoh Hiasan Kurungan Tedak Siten | Source: balonkusurabaya.com

 

Background Tedak Siten Anak Perempuan

Background Tedak Siten Anak Perempuan
Background Tedak Siten Anak Perempuan | Source: www.orami.co.id

 

Dekorasi Tedak Siten Sederhana

Dekorasi Tedak Siten Sederhana
Dekorasi Tedak Siten Sederhana | Source: www.youtube.com

 

Background Tedak Siten Anak Laki Laki

Background Tedak Siten Anak Laki Laki
Background Tedak Siten Anak Laki Laki | Source: ayupangrukti.blogspot.com

 

Gambar Tedak Siten

Gambar Tedak Siten
Gambar Tedak Siten | Source: magnetstudio.blogspot.com

 

Hiasan Kurungan Tedak Siten Sederhana

Hiasan Kurungan Tedak Siten Sederhana
Hiasan Kurungan Tedak Siten Sederhana | Source: magnetstudio.blogspot.com

 

Desain Tedak Siten

Desain Tedak Siten
Desain Tedak Siten | Source: www.pokrivni-remonti.com

 

Cara Dekorasi Tedak Siten

Cara Dekorasi Tedak Siten
Cara Dekorasi Tedak Siten | Source: www.youtube.com

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.