Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

1 December 2021

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara mudah Memiliki wajah mulus, bersih, dan sehat adalah impian banyak orang. Tapi, bagaimana jadinya jika tiba-tiba muncul flek hitam di kulit wajah? Apakah flek hitam yang membandel bisa dihilangkan selama-lamanya?

 

Ciri-Ciri Flek Hitam

Flek hitam ditandai oleh munculnya bintik-bintik kecil di area kulit yang warnanya cenderung lebih gelap dibandingkan daerah kulit di sekitarnya. Umumnya flek hitam terjadi pada kulit wajah, tapi juga bisa terjadi pada lengan, leher, hingga dada. Berikut beberapa ciri flek hitam yang perlu Anda tahu:

  • Bintik-bintik kecil berukuran sekitar 3-10 mm dan tidak membesar
  • Biasanya berbentuk bulat
  • Permukaannya rata (tidak timbul atau tenggelam)
  • Bagian tepinya tidak jelas seperti bergabung dengan flek hitam yang lain
  • Tidak terasa nyeri atau sakit
  • Warnanya coklat gelap atau agak kemerahan
  • Sering dialami pemilik kulit putih
  • Sering terjadi pada saat musim panas
  • Sering terjadi pada bagian yang terpapar matahari, misalnya di daerah pipi dan hidung

 

Penyebab Flek Hitam

Setelah mengetahui ciri-cirinya, sekarang mulai pahami beberapa penyebab flek hitam berikut ini. Umumnya, flek hitam disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih. Namun, masalah kulit tersebut juga bisa diakibatkan oleh beragam faktor lain, diantaranya:

1. Sinar Matahari

Kulit yang terpapar sinar UVA dan UVB berlebihan dari matahari akan berdampak buruk bagi kulit. Radiasi kedua sinar tersebut dapat merangsang produksi pigmen yang memberi warna kulit atau melanin. Sehingga kulit mengalami penumpukan melanin dan warnanya cenderung lebih gelap.

 

2. Kurangnya Asupan Vitamin

Flek hitam juga bisa terjadi akibat kurangnya asupan beberapa vitamin baik yang mampu menyehatkan kulit. Mulai dari vitamin E, B12, dan K. Sehingga kulit lebih rentan mengalami berbagai masalah, termasuk flek hitam.

 

3. Perubahan Hormon

Perubahan hormon tertentu pada tubuh juga bisa memicu timbulnya flek hitam. Salah satunya yaitu hormon estrogen dan progesteron yang mampu merangsang produksi melanin. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita hamil atau menstruasi. Sehingga kulit mereka lebih rentan terkena flek hitam.

 

4. Pemakaian Obat atau Kosmetik

Pemakaian obat dan kosmetik juga bisa memicu timbulnya flek hitam lho! Karena beberapa obat menyebabkan perubahan hormon dalam tubuh. Begitu juga dengan kandungan kosmetik yang biasanya merangsang produksi melanin atau mengakibatkan wajah lebih sensitif terhadap matahari.

 

5. Faktor Usia

Produksi kolagen pada kulit akan berkurang seiring usia yang semakin menua. Kulit pun mengalami beberapa masalah,seperti hilangnya elastisitas dan sel-sel yang rusak. Kulit juga terlihat lebih kendur dan rentan terkena flek hitam.

 

6. Genetik

Flek hitam juga bisa terjadi akibat faktor genetik alias keturunan. Bahkan, presentasenya bisa mencapai 20-70% menurut riset. Biasanya menjadi salah satu sifat genetik yang diturunkan dari orangtua ke anak, atau dari kakek-nenek ke cucunya.

 

7. Terjadinya Peradangan

Kulit yang mengalami peradangan atau baru saja mengalami pemulihan luka juga bisa terkena flek hitam. Misalnya, saat kulit mengalami jerawat, eksim, atau psoriasis. Kondisi tersebut bisa merangsang produksi melanin dan akhirnya menyisakan bintik gelap usai pemulihan.

 

8. Efek Penyakit Tertentu

Beberapa penyakit dapat mengakibatkan perubahan hormon dan memicu timbulnya flek hitam. Misalnya adalah penyakit diabetes, addison, serta tumor hipofisis dan penyakit hati.

 

Cara Mencegah Flek Hitam

cara menghilangkan flek hitam secara alami

cara menghilangkan flek hitam secara alami

Meskipun tidak menimbulkan nyeri atau rasa sakit, namun timbulnya flek hitam pada wajah bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri. Karena itulah, cegah timbulnya bintik hitam pada wajah dengan serangkaian langkah berikut ini.

– Rutin Memakai Tabir Surya

Penyebab utama flek hitam adalah paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Karena itulah, gunakan sunscreen alias tabir surya untuk mengurangi dampak buruk sinar UB. Gunakan secara rutin, bahkan ketika Anda beraktivitas di dalam ruangan.

 

– Aplikasikan Skincare Secara Maksimal

Selain rutin memakai tabir surya, pastikan Anda juga melakukan rangkaian perawatan kulit secara maksimal. Mulai dari double cleansing untuk membersihkan kulit, pemakaian toner, serta krim pelembab untuk menutrisi kulit dan terbebas dari flek hitam.

 

– Penuhi Kebutuhan Vitamin Kulit

Ingat, kulit membutuhkan perawatan dari luar maupun dalam. Kalau dari luar sudah dirawat dengan pemakaian skincare, maka dari dalam juga perlu dirawat dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat. Salah satunya yaitu penuhi kebutuhan vitamin baik untuk kulit, seperti vitamin E, K, dan B 12.

 

– Kenakan Pakaian Tertutup

Meskipun telah mengenakan tabir surya di wajah, sebaiknya biasakan memakai pakaian tertutup untuk mencegah paparan sinar UV. Anda juga bisa mengenakan topi dan kaca mata hitam saat bepergian ke luar rumah, terutama saat kondisi terik.

 

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Beberapa langkah pencegahan di atas bisa diterapkan ketika kulit Anda belum terkena flek hitam. Tapi bagaimana jika kulit sudah terlanjur dipenuhi bintik gelap? Jangan khawatir. Biasanya flek hitam bisa menghilang dengan sendirinya seiring pertambahan usia.

Tapi jika flek hitam tak kunjung hilang dan Anda merasa hal itu sangat mengganggu penampilan, coba lakukan beberapa langkah penanganan berikut. Mulai dari cara alami menghilangkan flek hitam hingga penggunaan bahan kimia dan teknik laser.

Mengunakan Bahan dan Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Cara pertama untuk menangani flek hitam membandel yaitu dengan memakai masker berbahan alami. Anda bisa memanfaatkan teh hijau, kunyit, madu, sari lemon, bawang putih, hingga lidah buaya dan pepaya untuk dijadikan masker wajah.

Bahan-bahan tersebut efektif mencerahkan kulit dan mengurangi bintik gelap. Cukup gunakan salah satu bahan sebagai masker dan aplikasikan secara rutin. Jangan mencampurnya jadi satu ya!

 

Gunakan Sunscreen SPF 30

Penggunaan sunscreen tidak hanya berlaku sebagai langkah pencegahan, tapi juga penanganan flek hitam membandel. Krim ini memang diformulasi khusus untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berdampak buruk bagi kulit. Khususnya bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Berdasarkan sun protection factor (SPF), jenis sunscreen bisa dibedakan menjadi SPF 15, SPF 30, SPF 50, serta SPF 100. Untuk menangani bintik hitam pada kulit, sebaiknya gunakan minimal SPF 30 yang mampu melindungi kulit hingga 97% paparan sinar UV.

 

Gunakan Krim Pemutih

Timbulnya flek hitam dikarenakan oleh produksi melanin berlebih yang menyebabkan pigmentasi warna kulit. Untuk menangani hal ini, coba gunakan krim pemutih yang kaya bahan hydroquinone. Kandungan tersebut efektif menekan produksi melanin, sehingga warna kulit tampak lebih cerah.

Bagian kulit yang gelap akibat bintik-bintik hitam pun akan memudar dan terlihat lebih cerah. Pastikan pilih merk krim pemutih terpercaya yang tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

 

Aplikasikan Krim Retinoid

Selain menggunakan krim pemutih yang mampu mencerahkan kulit, Anda juga bisa memakai krim retinoid untuk fungsi serupa. Krim ini diformulasi dengan senyawa vitamin A yang dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam. Salah satunya yaitu kandungan tretinoin topikal.

Umumnya, flek hitam akan menghilang setelah pemakaian rutin dalam beberapa bulan. Jika Anda tertarik memakai krim ini, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit dan minta resep dari mereka. Jangan asal membelinya di apotik atau toko kosmetik.

 

Chemical Peeling

Cara kelima untuk menangani flek hitam membandel yaitu dengan melakukan chemical peeling. Teknik peeling ini memanfaatkan cairan kimia yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit serta mendorong terbentuknya kulit baru yang lebih sehat.

Beberapa kandungan kimia yang biasanya digunakan dalam teknik peeling ini adalah asam trikloroasetat dan alfahidroksi. Sama halnya dengan penggunaan krim retinoid, sebaiknya konsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu sebelum memutuskan chemical peeling.

 

Cryosurgery

Hampir sama dengan chemical peeling, namun cairan yang digunakan berupa nitrogen bersuhu rendah. Fungsinya untuk menghancurkan sel kulit bermasalah yang menyebabkan flek hitam. Prosedur ini dinilai aman, namun sebaiknya tetap lakukan dengan dokter berpengalaman.

 

Terapi Laser

Prosedur ini memanfaatkan sinar laser yang mempunyai intensitas dan gelombang tertentu untuk mengurangi flek hitam membandel dengan biaya lumayan terjangkau. Jika Anda ingin menjalani terapi ini, sebaiknya konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Lakukan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel di atas sekarang juga untuk mendapatkan kulit mulus tanpa bintik gelap. Untuk langkah 1-2 bisa langsung Anda lakukan secara rutin. Sedangkan poin 3-7 sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.