Cara Membuat Tote Bag Tanpa Dijahit

1 January 2024

Cara Membuat Tote Bag Tanpa Dijahit – Sebuah tas berbentuk kotak yang dirancang dengan dua pegangan panjang di bagian atasnya. Tote bag umumnya terbuat dari bahan kanvas, katun, kulit sintetis, atau bahan lain yang kuat dan tahan lama. Tas ini dirancang dengan tujuan untuk membawa barang-barang yang cukup berat dan besar, seperti buku, laptop, atau barang belanjaan.

Tote bag dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk berbelanja, bepergian, atau kegiatan sehari-hari. Tote bag biasanya dirancang dengan tampilan yang simpel dan minimalis, namun dapat dihias atau diberi motif agar terlihat lebih menarik dan sesuai dengan selera pengguna. Tote bag juga menjadi salah satu alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan tas plastik karena dapat digunakan kembali berulang kali.

 

Cara Membuat Tote Bag Tanpa Dijahit

Cara Membuat Tote Bag Tanpa Dijahit

Berikut adalah cara membuat tote bag tanpa dijahit:

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 kain katun dengan ukuran 90×70 cm
  • Jarum pentul
  • Gunting

Langkah-langkah :

  1. Ambil kain katun yang sudah dipotong sesuai ukuran.
  2. Lipat kain tersebut menjadi dua sehingga membentuk persegi panjang dengan bagian kanan kain saling bersebelahan dan bagian kiri kain saling bersebelahan. Pastikan sisi lipatan terletak di bagian tengah kain.
  3. Gunting bagian pojok kain yang tidak berlipat pada kedua sisi. Hal ini dilakukan agar nanti bisa membuat pegangan tas.
  4. Buatlah lipatan pada kedua sisi kain sebesar 2-3 cm, lalu tutupi bagian lipatan tersebut dengan bagian yang belum dilipat. Jepit kedua ujung kain dengan jarum pentul.
  5. Untuk membuat pegangan tas, ambil ujung kain yang dipotong pada langkah 3, lalu lipat sebesar 3-4 cm dan jepit dengan jarum pentul.
  6. Lakukan hal yang sama pada ujung kain yang lain, sehingga terbentuk dua pegangan tas.
  7. Pastikan semua jarum pentul sudah dipasang dengan rapi dan tidak ada bagian yang terlewat.
  8. Tote bag siap digunakan.

Itulah cara membuat tote bag tanpa dijahit. Selamat mencoba!

 

Apa keunggulan dari tote bag?

Berikut adalah beberapa keunggulan dari tote bag:

  • Kapasitas yang besar, Tote bag dirancang dengan kapasitas yang besar sehingga mampu menampung barang-barang yang cukup banyak, seperti buku, laptop, atau barang belanjaan.
  • Praktis dan nyaman, Tote bag memiliki pegangan yang panjang dan nyaman di atasnya, sehingga dapat dibawa dengan mudah dan praktis, tanpa perlu membebani satu tangan saja.
  • Bahan yang kuat dan tahan lama, Tote bag umumnya terbuat dari bahan kanvas atau katun yang kuat dan tahan lama, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Lebih ramah lingkungan, Tote bag dapat digunakan berulang kali sehingga menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan daripada tas plastik yang hanya bisa digunakan sekali pakai.
  • Bisa dihias atau diberi motif, Tote bag dapat dihias atau diberi motif sesuai dengan selera dan keinginan pemiliknya, sehingga membuatnya lebih menarik dan unik.
  • Dapat digunakan untuk berbagai keperluan, Tote bag dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti berbelanja, bepergian, atau kegiatan sehari-hari, sehingga sangat fleksibel dan multifungsi.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, tote bag menjadi salah satu pilihan tas yang populer dan sering digunakan oleh banyak orang.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.