Cara Membuat Acar Bawang Putih

1 January 2024

Cara Membuat Acar Bawang Putih

Cara Membuat Acar Bawang Putih – Hidangan asinan atau acar yang terbuat dari irisan bawang putih yang diacarkan dengan bumbu-bumbu seperti cuka, garam, gula, dan merica bubuk. Acar bawang putih ini biasanya dihidangkan sebagai pelengkap atau condiment untuk berbagai hidangan seperti nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, dan lain sebagainya.

Acar bawang putih memiliki rasa yang segar, asam, dan sedikit pedas, sehingga dapat menambah cita rasa dan kelezatan hidangan yang disajikan. Selain itu, acar bawang putih juga dapat dijadikan sebagai camilan yang sehat dan rendah kalori.

 

Cara Membuat Acar Bawang Putih

resep untuk membuat acar bawang putih yang segar dan enak:

Bahan-bahan :

  • 1/2 kg bawang putih, kupas dan cuci bersih
  • 2 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 2 sdm garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 500 ml air putih
  • 250 ml cuka masak

Langkah-langkah :

  1. Iris tipis bawang putih dan taruh di dalam mangkuk besar.
  2. Taburkan garam ke atas bawang putih dan aduk rata.
  3. Diamkan selama 30 menit agar garam meresap ke dalam bawang putih.
  4. Bilas bawang putih dengan air bersih dan tiriskan.
  5. Campurkan jeruk nipis, gula pasir, dan merica bubuk ke dalam air putih dan aduk rata.
  6. Masukkan cuka masak ke dalam campuran tersebut dan aduk rata.
  7. Tambahkan bawang putih yang telah ditiriskan ke dalam campuran cuka dan aduk rata.
  8. Biarkan selama minimal 2 jam agar bawang putih terendam dalam bumbu dan meresap.
  9. Sajikan acar bawang putih bersama makanan kesukaanmu.

Acar bawang putih ini bisa disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas dan dapat bertahan hingga beberapa minggu. Selamat mencoba!

 

Manfaat Acar Bawang Putih

Acar bawang putih, selain memberikan rasa segar dan asam yang lezat pada makanan, juga memiliki manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat acar bawang putih:

  1. Menurunkan tekanan darah, Bawang putih yang merupakan bahan utama acar bawang putih, dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara meningkatkan produksi oksida nitrat, yaitu senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah.
  2. Menurunkan kadar kolesterol, Bawang putih juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah, sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung.
  3. Menambah daya tahan tubuh, Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.
  4. Menurunkan risiko kanker, Kandungan antioksidan pada bawang putih dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan meminimalkan risiko terkena kanker.
  5. Menjaga kesehatan pencernaan, Acar bawang putih mengandung cuka yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan gangguan lambung.

Namun, perlu diingat bahwa acar bawang putih juga mengandung sodium atau garam yang tinggi, sehingga perlu dikonsumsi dengan bijak dan dalam porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.