Cara Edit pdf di Adobe Reader Yang Mudah

1 January 2024

Cara Edit pdf di Adobe Reader

Cara Edit pdf di Adobe Reader – Adobe Reader adalah program gratis untuk membuka dan membaca file PDF, namun fitur editing file PDF terbatas dalam Adobe Reader. Jika Anda ingin melakukan editing PDF secara lengkap, Anda perlu menggunakan program Adobe Acrobat Pro DC yang berbayar.

Namun, Anda dapat melakukan beberapa edit pada file PDF dengan Adobe Reader, seperti menandai teks, menambahkan komentar, menandai bagian dokumen dengan highlight, menambahkan stiker, dan menggambar bentuk.

 

Cara Edit pdf di Adobe Reader

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Buka file PDF yang ingin Anda edit dengan Adobe Reader.
  2. Pilih alat yang ingin Anda gunakan dari menu alat yang tersedia di toolbar.
  3. Untuk menandai teks, pilih alat Teks atau Alat Pensejajaran Teks dan pilih area teks yang ingin Anda edit. Anda dapat mengubah warna teks, jenis huruf, ukuran, dan opsi formatting lainnya.
  4. Untuk menambahkan komentar, pilih Alat Tambah Komentar, kemudian pilih tipe komentar yang ingin Anda tambahkan, seperti catatan atau balon komentar.
  5. Untuk menandai bagian dokumen, pilih Alat Highlight dan sorot bagian dokumen yang ingin Anda tandai. Anda juga dapat menggunakan Alat Underline dan Alat Strikeout.
  6. Untuk menambahkan stiker, pilih Alat Tambah Stiker, kemudian pilih stiker yang ingin Anda tambahkan dari daftar stiker yang tersedia.
  7. Untuk menggambar bentuk, pilih Alat Gambar, kemudian pilih jenis bentuk yang ingin Anda gambar dan pilih area di dokumen untuk menambahkan bentuk tersebut.
  8. Setelah selesai melakukan edit pada dokumen, pastikan untuk menyimpan perubahan dengan memilih File > Save atau File > Save As.

Namun, untuk melakukan edit yang lebih kompleks seperti menghapus halaman atau mengubah teks yang telah disimpan, Anda perlu menggunakan Adobe Acrobat Pro DC yang berbayar.

 

Keunggulan Adobe Reader

Adobe Reader memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Gratis, Adobe Reader adalah program gratis untuk membuka dan membaca file PDF. Hal ini membuatnya menjadi salah satu program terpopuler untuk membuka file PDF.
  • Mudah digunakan, Adobe Reader sangat mudah digunakan dan user-friendly, sehingga pengguna dapat dengan mudah membaca dan menavigasi file PDF.
  • Fitur keamanan, Adobe Reader dilengkapi dengan fitur keamanan yang kuat, seperti enkripsi file PDF dan perlindungan sandi, yang dapat membantu melindungi dokumen Anda dari akses tidak sah.
  • Dukungan multiplatform, Adobe Reader dapat dijalankan pada berbagai platform, termasuk Windows, Mac, iOS, dan Android, sehingga memudahkan pengguna untuk membuka file PDF di mana saja.
  • Dukungan untuk berbagai format dokumen, Adobe Reader dapat membuka dan membaca berbagai format dokumen, seperti file PDF, EPUB, dan TIFF.
  • Fitur tambahan, Adobe Reader dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, seperti kemampuan untuk menandai teks, menambahkan komentar, menandai bagian dokumen dengan highlight, menambahkan stiker, dan menggambar bentuk, yang dapat membantu meningkatkan produktivitas pengguna.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.