Buatlah Sebuah Susunan Acara Kegiatan

1 February 2023

Buatlah Sebuah Susunan Acara Kegiatan

Buatlah Sebuah Susunan Acara Kegiatan – Susunan acara adalah sebuah rencana yang menjabarkan urutan kegiatan yang akan dilakukan dalam sebuah acara. Susunan acara dapat berisi informasi tentang jadwal, tempat, pembicara, peserta, dan kegiatan yang akan dilakukan dalam acara tersebut.

Susunan acara dapat digunakan dalam berbagai jenis acara, seperti acara pernikahan, acara seminar, acara pertemuan, acara konser, dll. Susunan acara dapat dibuat dengan menggunakan format yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, seperti tabel, diagram, atau dokumen yang dapat dibagikan kepada peserta acara.

 

Tata Cara Pembuatan Susunan Acara

Tata cara pembuatan susunan acara dapat dilakukan dengan beberapa tahap sebagai berikut:

Tujuan

Hal ini merupakan tahap paling penting, karena tujuan acara akan menentukan jenis kegiatan yang akan dilakukan.

tema

Tema acara akan membantu dalam menentukan jenis kegiatan yang akan dilakukan dan juga membantu dalam pembuatan konten.

jadwal

Membuat jadwal acara yang sesuai dengan tujuan acara dan tema acara yang telah ditentukan sebelumnya.

tempat

Tempat acara harus sesuai dengan jumlah peserta yang diharapkan dan juga harus sesuai dengan jenis acara yang akan dilakukan.

peserta

Membuat daftar peserta acara yang diharapkan, termasuk tamu undangan dan pembicara.

kegiatan

Membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan selama acara, termasuk presentasi, diskusi, dll.

Membuat susunan acara

Menyusun seluruh informasi yang telah ditentukan sebelumnya menjadi sebuah susunan acara yang sistematis dan mudah dipahami.

Melakukan revisi

Melakukan revisi terhadap susunan acara sesuai dengan feedback yang diterima, sebelum akhirnya disebarluaskan kepada peserta acara.

Persiapan dan Pelaksanaan

Mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan sesuai dengan susunan acara yang telah dibuat dan melaksanakan acara sesuai dengan susunan acara yang telah ditentukan.

Evaluasi

Melakukan evaluasi setelah acara selesai untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan untuk acara selanjutnya.

 

Buatlah Sebuah Susunan Acara Kegiatan

Contoh susunan acara dapat berbeda tergantung pada jenis acara yang akan dilakukan, tapi ini adalah contoh susunan acara yang umum:

Acara : Pertemuan Tahunan Perusahaan

Waktu : 9.00 – 12.00 WIB

Tempat : Ruang Rapat Utama Gedung A

Susunan Acara :

9.00 – 9.15 : Pembukaan acara oleh ketua perusahaan 9.15 – 9.30 : Laporan keuangan tahunan oleh direktur keuangan 9.30 – 10.15 : Presentasi produk baru oleh tim R&D 10.15 – 11.00 : Diskusi panel dengan tamu undangan dari industri terkait 11.00 – 12.00 : Sesi tanya jawab dan networking

Note: Itu hanya contoh susunan acara sederhana dan dapat berbeda tergantung pada jenis acara yang diadakan dan tujuan dari acara tersebut.

 

Macam Macam Susunan Acara

Ada beberapa jenis susunan acara yang umum digunakan, diantaranya:

  1. Susunan acara untuk acara pernikahan, Susunan acara ini biasanya berisi informasi tentang jadwal acara pernikahan, tempat, pengantin, tamu undangan, dan kegiatan yang akan dilakukan seperti resepsi, upacara pernikahan, dll.
  2. Susunan acara untuk acara seminar, Susunan acara ini berisi informasi tentang jadwal seminar, tempat, pembicara, peserta, dan kegiatan yang akan dilakukan seperti presentasi, diskusi panel, dll.
  3. Susunan acara untuk acara pertemuan, Susunan acara ini berisi informasi tentang jadwal pertemuan, tempat, peserta, dan kegiatan yang akan dilakukan seperti presentasi, diskusi, dll.
  4. Susunan acara untuk acara konser, Susunan acara ini berisi informasi tentang jadwal konser, tempat, penampil, dan kegiatan yang akan dilakukan seperti pembukaan acara, pertunjukan utama, dll.
  5. Susunan acara untuk acara pameran, Susunan acara ini berisi informasi tentang jadwal pameran, tempat, peserta, dan kegiatan yang akan dilakukan seperti sambutan pembukaan, presentasi produk, dll.
  6. Susunan acara untuk acara konferensi, Susunan acara ini berisi informasi tentang jadwal konferensi, tempat, peserta, dan kegiatan yang akan dilakukan seperti sambutan pembukaan, presentasi, diskusi panel, dll.

 

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.