Biaya Tambal Gigi di Puskesmas

1 February 2023

Biaya Tambal Gigi di Puskesmas

Biaya Tambal Gigi di PuskesmasAlat yang digunakan untuk menghilangkan bagianbagian yang tidak diinginkan dari gigi dan membentuknya agar sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Alat ini dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi, menghaluskan ujung gigi, dan mengatur bentuk gigi.

Alat ini juga dapat digunakan untuk membersihkan dan memperbaiki struktur gigi yang rusak atau memar. Tambal gigi biasanya terbuat dari stainless steel atau emas. Alat ini dapat digunakan oleh dokter gigi untuk memperbaiki bentuk gigi dan merawat kesehatan mulut.

Durasi tambal gigi bervariasi dan tergantung pada kondisi mulut dan jenis tambal gigi. Secara umum, tambal gigi bisa bertahan hingga empat tahun atau lebih, tergantung pada perawatan yang dilakukan. Namun, jika tambal gigi tidak dikelola dengan baik, maka bisa hilang lebih cepat.

Tambalan gigi bisa berbau karena adanya bakteri yang tumbuh dan berkembang di sekitar tambalan, yang menghasilkan sulfur. Bakteri tersebut dapat berasal dari makanan, minuman, dan ludah. Terkadang tambalan gigi juga bisa berbau karena adanya penumpukan kotoran di sekitar tambalannya. Penumpukan kotoran ini dapat menyebabkan bakteri berkembang dan menghasilkan bau yang tidak enak.

 

Biaya Tambal Gigi di Puskesmas

Berikut ini perkiraan Biaya Tambal Gigi di Puskesmas 2023 adalah :

Untuk melakukan tambal gigi di Puskesmas, biasanya kamu akan dikenakan biaya Rp30.000 per gigi. Sedangkan untuk tambal gigi permanen, biasanya mencapai Rp100.000 per gigi.

Jika kamu memiliki BPJS Kesehatan, kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan tambal gigi secara gratis.

 

Tambal gigi permanen adalah jenis tambal gigi yang dibuat dengan bahan yang lebih kuat dibandingkan dengan tambal gigi sementara (temporary filling). Tambal gigi permanen dibuat dengan menggunakan material seperti komposit (resin komposit) atau porselen. Tambal gigi ini dibuat dengan menggunakan teknik filling (penambalan).

Tambal gigi permanen dapat digunakan untuk menutupi rongga yang terjadi pada gigi yang rusak atau tercabik, menstabilkan gigi yang goyah, atau sebagai pengganti gigi yang hilang. Tambal gigi permanen dapat bertahan lama jika diperlakukan dengan baik, seperti dengan merawatnya dengan menepi hygienis mulut dan makan makanan yang tidak terlalu keras.

Tambal gigi permanen dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti:

  • Tambal gigi komposit, Tambal gigi ini terbuat dari resin komposit yang dicampur dengan pigmen. Tambal gigi komposit dapat dicocokkan dengan warna gigi sehingga tidak terlalu terlihat jika dibandingkan dengan tambal gigi lainnya.
  • Tambal gigi porselen, Tambal gigi ini terbuat dari material keramik yang diukir dengan bentuk dan warna yang sesuai dengan gigi yang rusak. Tambal gigi porselen lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan tambal gigi komposit. Namun, tambal gigi porselen juga lebih mahal.
  • Tambal gigi kawat, Tambal gigi ini terbuat dari kawat logam yang diberi lapisan porselen atau resin komposit. Tambal gigi kawat dapat digunakan untuk menstabilkan gigi yang goyah atau sebagai pengganti gigi yang hilang.
  • Tambal gigi kawat roda, Tambal gigi ini terbuat dari kawat logam yang diformulasikan seperti roda dan diberi lapisan porselen atau resin komposit. Tambal gigi kawat roda dapat digunakan untuk menstabilkan gigi yang goyah atau sebagai pengganti gigi yang hilang.

 

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.