Biaya Tambah Freon AC dan Manfaat

1 January 2024

Biaya Tambah Freon AC – zat kimia yang digunakan sebagai refrigeran atau pendingin dalam sistem AC (Air Conditioner) atau pendingin udara. Freon AC juga dikenal sebagai R-22 atau klorodifluorometana, yang merupakan senyawa organik yang terdiri dari atom-atom seperti klor, fluor, dan karbon.

Dalam sistem AC, freon AC berfungsi sebagai medium pendingin yang mengalir dalam sirkulasi tertutup dan menyerap panas dari udara di dalam ruangan yang akan didinginkan. Freon AC berubah menjadi gas ketika menyerap panas, kemudian mengalir ke kompresor, di mana gas tersebut dikompresi menjadi cairan dan dilepaskan ke kondensor untuk mengeluarkan panas ke lingkungan. Setelah itu, freon AC kembali ke evaporator dan sirkulasi ulang dimulai lagi.

Namun, penggunaan freon AC dianggap berbahaya bagi lingkungan karena mengandung senyawa kimia yang dapat merusak lapisan ozon di atmosfer. Oleh karena itu, beberapa negara telah mengeluarkan peraturan untuk mengurangi atau menghentikan penggunaan freon AC dan beralih ke refrigeran yang lebih ramah lingkungan, seperti R-410A atau R-32.

 

Biaya Tambah Freon AC

Biaya Tambah Freon AC

 

Tipe Freon AC

Biaya Isi Ulang

R22 0,5 PK – 1 PK

Rp 278.000 – Rp 315.000

R22 1,5 PK – 2 PK

Rp 410.000

R32 0,5 PK – 1 PK

Rp 315.000

R32 1,5 PK – 2 PK

Rp 455.000

R410 0,5 PK – 1 PK

Rp 395.000

R410 1,5 PK – 2 PK

Rp 528.000

 

Manfaat Freon AC

manfaat utama dalam sistem pendingin AC dengan cara menyerap panas dari udara di dalam ruangan dan mengeluarkannya ke lingkungan melalui proses sirkulasi tertutup.

Manfaat lain dari penggunaan freon AC adalah:

  1. Meningkatkan kenyamanan udara di dalam ruangan, Dengan menggunakan freon AC, suhu udara di dalam ruangan dapat dikontrol dan diatur sesuai dengan kebutuhan, sehingga menciptakan kondisi udara yang lebih nyaman bagi penghuni ruangan.
  2. Menjaga kualitas udara di dalam ruangan, AC dengan freon AC juga dapat membantu menjaga kualitas udara di dalam ruangan dengan cara menyaring partikel debu, kotoran, dan polutan lainnya dari udara.
  3. Mencegah kerusakan pada komponen sistem AC, Freon AC juga berfungsi sebagai pelumas dan penyegel dalam sistem AC. Dengan freon AC yang tepat, komponen sistem AC akan tetap berfungsi dengan baik dan mencegah kerusakan pada pipa refrigeran.

Namun, penggunaan freon AC juga memiliki dampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia, seperti merusak lapisan ozon dan memicu pemanasan global. Oleh karena itu, penggunaan freon AC saat ini dibatasi atau bahkan dihentikan di beberapa negara, dan digantikan dengan refrigeran yang lebih ramah lingkungan.

 

Apa fungsi freon pada AC?

Freon atau refrigeran pada AC (Air Conditioner) berfungsi sebagai medium pendingin dalam sistem AC. Ketika AC dinyalakan, freon akan mengalir dalam sirkulasi tertutup dan menyerap panas dari udara di dalam ruangan yang akan didinginkan.

Freon AC berubah menjadi gas ketika menyerap panas, kemudian mengalir ke kompresor, di mana gas tersebut dikompresi menjadi cairan dan dilepaskan ke kondensor untuk mengeluarkan panas ke lingkungan. Setelah itu, freon AC kembali ke evaporator dan sirkulasi ulang dimulai lagi. Proses pendinginan ini terus berulang hingga suhu di dalam ruangan mencapai suhu yang diinginkan.

Selain itu, freon AC juga berfungsi sebagai pelumas dan penyegel dalam sistem AC. Freon AC berperan dalam menjaga agar komponen-komponen dalam sistem AC tetap berfungsi dengan baik dan mencegah kebocoran pada pipa refrigeran.

Namun, karena freon AC mengandung senyawa yang dapat merusak lapisan ozon di atmosfer, penggunaannya saat ini telah dibatasi atau bahkan dihentikan di beberapa negara. Oleh karena itu, sekarang banyak diproduksi AC dengan menggunakan refrigeran yang lebih ramah lingkungan.

 

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.