Informasi Biaya Perpanjang Stnk Mobil

1 January 2024

Biaya Perpanjang Stnk Mobil – STNK adalah singkatan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan. Surat ini berisi informasi tentang kendaraan bermotor seperti nomor registrasi, jenis kendaraan, nama pemilik, dan informasi teknis lainnya. STNK diterbitkan oleh pemerintah melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) yang dikelola oleh Dinas Perhubungan setempat.

STNK diperlukan untuk mengidentifikasi kendaraan dan memberikan izin bagi kendaraan tersebut untuk digunakan di jalan raya. STNK harus selalu dibawa dan ditampilkan ketika berkendara dan harus diperbaharui secara berkala sesuai dengan aturan yang berlaku di wilayah setempat. Jika STNK hilang atau rusak, maka pemilik kendaraan harus segera mengurus penggantian STNK baru di SAMSAT setempat.

 

Biaya Perpanjang Stnk Mobil

Biaya Perpanjang Stnk Mobil

1. Kendaraan roda 2 atau roda 3

– Penerbitan STNK Baru = Rp 100.000
– Perpanjang STNK lama = Rp 100.000/5 tahun

2. Kendaraan roda 4 atau lebih

– Penerbitan SNK Baru = Rp 200.000
– Perpanjang STNK Lama = Rp 200.000/5 tahun

Berikut adalah rincian biaya yang lebih lengkapnya:

– Cek Fisik Kendaraan = Rp 10-20 ribu
– STNK = Biaya tertera di balik STNK
– Pembuatan plat nomor = Rp 60 ribu – 100 ribuan

 

STNK termasuk pajak apa?

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan bukanlah termasuk pajak kendaraan bermotor. STNK hanyalah surat yang memberikan identifikasi pada kendaraan bermotor yang digunakan sebagai tanda bukti bahwa kendaraan tersebut telah terdaftar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. STNK biasanya diterbitkan bersamaan dengan BPKB atau Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor, yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor.

Pajak kendaraan bermotor di Indonesia dikenal dengan istilah PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor. PKB merupakan pajak yang wajib dibayar setiap tahun oleh pemilik kendaraan bermotor, baik itu kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Besarnya pajak kendaraan bermotor ditentukan oleh pemerintah dan berbeda-beda tergantung pada jenis kendaraan, kapasitas mesin, usia kendaraan, dan wilayah tempat kendaraan terdaftar. Pembayaran PKB dapat dilakukan secara berkala atau sekaligus untuk jangka waktu tertentu.

 

Persyaratan Perpanjang Stnk Mobil

Berikut adalah beberapa persyaratan umum untuk perpanjang STNK mobil di Indonesia:

  1. STNK dan BPKB asli, Pastikan untuk membawa STNK dan BPKB asli kendaraan Anda.
  2. KTP dan NPWP, Bawa KTP dan NPWP Anda sebagai identitas dan bukti pajak Anda.
  3. Bukti Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) terakhir, Pastikan Anda telah membayar pajak kendaraan bermotor terakhir sebelum memperpanjang STNK kendaraan.
  4. Uji Emisi Kendaraan Bermotor (UEBK), Untuk kendaraan yang berusia lebih dari 3 tahun, pemilik kendaraan harus mengikuti Uji Emisi Kendaraan Bermotor dan membawa sertifikat UEBK yang sah.
  5. Surat Kuasa, Jika Anda tidak bisa pergi ke Samsat (Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap) sendiri, Anda bisa memberikan surat kuasa pada seseorang untuk melakukan perpanjangan STNK kendaraan Anda.
  6. Biaya: Pastikan untuk membawa biaya perpanjangan STNK yang telah ditentukan sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda miliki.

Persyaratan dapat berbeda-beda tergantung pada daerah dan aturan yang berlaku. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa persyaratan secara lebih detail dengan mengunjungi Samsat atau situs web resmi Samsat setempat untuk memastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang diperlukan sebelum memperpanjang STNK kendaraan Anda.

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.