Atribut Pramuka Siaga Putri SD

31 October 2022

Atribut Pramuka Siaga Putri SD – Praja Muda Karana adalah kelompok spionase yang menggunakan kemampuan spionase. Saat melakukan kegiatan Pramuka, setiap anggota biasanya mengenakan seragam berwarna coklat dengan atribut. Seragam Pramuka adalah pakaian khas yang dikenakan oleh seluruh anggota Gerakan Pramuka di Indonesia untuk menunjukkan jati dirinya. Warna seragam Pramuka adalah abu-abu muda dan abu-abu tua.

Warna ini dipilih karena merupakan salah satu warna yang digunakan oleh pesawat tempur Indonesia pada masa Perang Revolusi. Seragam Pramuka memiliki banyak aksesoris Tujuan Pramuka: Kurikulum menyediakan berbagai kegiatan yang terorganisir, menyenangkan, mendidik dan praktis yang dapat dinikmati siswa di luar lingkungan sekolah dan rumah.

prinsip dasar dan metode kepramukaan. Ini dalam bentuk. Pengetahuan membentuk karakter.Tujuan utama kegiatan Pramuka adalah mendidik generasi muda untuk mencapai potensi intelektual, sosial, mental, dan fisiknya secara utuh.

 

Atribut Pramuka Penggalang Putri Berjilbab

berikut ini adalah atribut pramuka penggalang putri berjilbab untuk SD SMP dan SMA :

Atribut Pramuka Penggalang

atribut pramuka penggalang

atribut pramuka penggalang

 

Atribut Pramuka SD

atribut pramuka sd

atribut pramuka sd

 

Atribut Pramuka Siaga

Atribut Pramuka Siaga

Atribut Pramuka Siaga

Pertanyaan :

Apa nama atribut pramuka yang dipasang di dada sebelah kiri ?

“Tanda pramuka garuda, dan tanda penghargaan (semisal bintang tahunan) dikenakan di dada baju sebelah kiri.”

 

Apa saja atribut pramuka siaga putri ?

Jawaban:

1.Tutup kepala

2.setangan leher

3.seragam pramuka

4.Rok pramuka/celana pramuka

5.kaos kaki pramuka

6.sepatu pramuka

7.tanda pengenal pramuka

 

Pemakaian Atribut Pramuka Siaga

Bentuk dan pemasangan atribut pada pakaian seragam pramuka siaga adalah sebagai berikut:

– Tanda Tutup Kepala; Berbentuk lingkaran (putri) dan jajargenjang (putra) dengan warna dasar hijau. Dipasang di topi pramuka bagian depan.

– Tanda Pandu Dunia (WOSM); Berwarna dasar ungu. Untuk putri berbentuk lingkaran, dipasang dikerah baju sebelah kanan. Sedang untuk putra berbentuk persegi, dipasang di dada (di atas papan nama) sebelah kanan.

– Tanda Pelantikan; Berwarna dasar coklat tua. Untuk putri berbentuk lingkaran, di pasang di kerah baju sebelah kiri. Sedang untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.

– Papan Nama; Berwarna dasar coklat muda. Baik putra maupun putri dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).

– Tanda Lokasi Kwarcab; Memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal. Baik putra maupun putri dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas.

– Tanda Gugusdepan; Memuat nomor gugusdepan di mana anggota pramuka bergabung. Baik pada putra maupun putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. Untuk anggota putri, nomor gudepnya genap dan untuk putri nomornya ganjil.

– Lencana / Badge Daerah; Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep.

– Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga; Berbentuk segitiga terbalik. Baik pada putra maupun putri, dipasang lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 buah TKK. Jika memiliki TKK lainnya (lebih dari lima) selebihnya dipasang di tetampan (selendang) TKK.

– Tanda Jabatan; Berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangannya di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.

– Tanda Barung; Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama barungnya. baik pada putri maupun putra dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.

– Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga; Terdiri atas tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU di lengan baju sebelah kiri, di – bawah tanda barung

BERMUDABDA Belajar Berilmu Beradab.